nusabali

Duta Parade Seni Denpasar Akan 'Ngrupuk' di TMII Jakarta

  • www.nusabali.com-duta-parade-seni-denpasar-akan-ngrupuk-di-tmii-jakarta

Memeriahkan HUT ke 41 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta pada 20 April mendatang, duta parade seni kota Denpasar akan menampilkan pertunjukan 'Ngrupuk' dalam ajang lomba parade tingkat Nasional.

DENPASAR, NusaBali
Menjelang tampil, para seniman pun mematangkan latihan lewat gladi bersih pada Jumat (15/4) di Lapangan Puputan  Badung I Gusti Ngurah Made Agung yang langsung disaksikan Walikota Denpasar IB Rai D Mantra didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara.

Duta Denpasar di bawah binaan Dinas Kebudayaan Denpasar terdiri dari 50 orang seniman yang di ambil dari jawara baleganjur tahun lalu. Dikoordinir Dr Nyoman Astita, MA, Suandita dan Juana, para duta tersebut terus diasah kemampuannya.

Prosesi 'Ngrupuk' akan ditampilkan lengkap dengan tarian ogoh-ogoh serta berbagai atribut yang menyertai. Memadukan komposisi antara gerak dan tari yang dipadu dengan iring-iringan baleganjur serta keserasian tata busana para pemainnya diharapkan bisa memukau penonton di TMII Jakarta mendatang. 

Menurut Nyoman Astita yang ditemui di sela-sela gladi mengatakan, dipilihnya tema ini mengingat 'Ngrupuk' merupakan sebuah tradisi yang unik di Bali yang dilaksanakan dengan nilai-nilai kebersamaan serta mengutamakan ketertiban. Mengingat yang terlibat tak hanya warga Hindu, namun seluruh umat. "Karenanya garapan kali ini, ada beberapa figur yang akan mengenakan busana nusantara sebagai ciri kebersamaan tersebut," jelasnya. Di samping prosesi Ngrupuk sarat mengandung nilai-nilai toleransi, edukasi serta inovasi budaya bagi masyarakat khususnya generasi muda dalam mewujudkan kreativitasnya. "Inti dari garapan ini adalah totalitas dan kerjasama," terangnya.

Lebih lanjut Astita mengatakan, tim akan bertolak ke Jakarta, 19 April 2016 mendatang. "Semoga duta seni parade Kota Denpasar berhasil dalam pementasan dan mengharumkan nama Bali khususnya Kota Denpasar," harapnya.

Sedangkan Walikota Denpasar IB Rai D Mantra mengatakan sangat yakin dan percaya yang ditampilkan duta seni parade Kota Denpasar akan mampu memperoleh hasil yang maksimal, diharapkan pemain bisa menguasai dan menjiwai setiap komposisi dan karakter yang dimainkan dengan kerjasama yang dibangun serta ekspresi dan penjiwaan yang kuat. 7 nv

Komentar