nusabali

Sepakbola Indonesia Butuh 3 Hal Krusial

  • www.nusabali.com-sepakbola-indonesia-butuh-3-hal-krusial

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Luis Milla kembali mengungkapkan tiga hal krusial yang dibutuhkan sepakbola Indonesia agar berkembang baik.

JAKARTA, NusaBali
Menurutnya, Indonesia sudah memiliki modal untuk mengembangkan sepakbola, yaitu gairah terhadap sepakbola yang sangat tinggi.

Luis Milla memang punya beban target tinggi saat mendampingi Timnas U-23 berlaga di Asian Games 2018. Sejak awal, posisi empat besar menjadi target tim sepakbola di Asian Games 2018.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui harapan masyarakat Indonesia yang cukup tinggi melihat timnas berprestasi di Asian Games pada Agustus 2018.  Namun Milla pun lantas mengingatkan sepakbola Indonesia membutuhkan tiga hal penting.

"Pelatih sudah biasa bekerja di bawah tekanan. Indonesia memiliki rakyat yang banyak dan ekspektasi mereka juga tinggi soal sepakbola. Begitu pun di negara saya, yang ekspektasinya tinggi soal sepakbola. Perbedaannya Spanyol sudah lama mempersiapkan tim, selain itu banyak pemain berkualitas. Sementara di sini masih banyak yang perlu diperbaiki," ujar Luis Milla, dalam diskusi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Minggu (24/6).

"Sepak bola Indonesia masih butuh proses. Pertama, butuh memperbaiki infrastruktur. Kedua, anak-anak yang suka sepakbola juga memerlukan kompetisi usia muda. Selain itu juga harus ada perbaikan kualitas pelatih di Indonesia," kata Milla.

Kendati demikian, Luis Milla mengaku sangat senang mengenal sepakbola Indonesia dengan menjadi pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23.

"Saya punya tujuan jelas dan mimpi di Indonesia. Saya merasa hasil kerja saya dihargai di sini dan kita akan lihat nanti di Asian Games. Saya tidak bisa menggaransi bagaimana nanti Asian Games. Namun, yang penting, sudah ada gaya permainan yang jelas dari Timnas Indonesia. Kita pun bersama-sama sudah melihat bagaimana pemain berjuang dan kerja keras mati-matian untuk bangsa dan negara ini," tegas Milla. *

Komentar