nusabali

Pele Lelang Benda Pusaka

  • www.nusabali.com-pele-lelang-benda-pusaka

Legenda hidup sepak bola dunia, Pele melelang memoralibilia ketika masih aktif sebagai bermain. 

LONDON, NusaBali
Tidak tanggung-tanggung, mantan pemain bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu melepas hampir semua benda pusaka miliknya.

Pele melelang tiga medali Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970 plus satu trofi kecil Julies Rimet. Bukan hanya medali,  pemain yang kini berusia 75 tahun ini juga melelang bola yang dipakai untuk mencetak gol ke-1.000 sepanjang karier profesionalnya.

Momen bersejarah ini terjadi pada 19 November 1969 ketika  Pele membantu Santos memetik kemenangan 2-1 atas Vasco da Gama di Stadion Maracana, Brasil. Maestro lapangan hijau ini juga menjual sepatu bola legendaris yang dikenakan saat syuting film bertema sepakbola, Escape to Victory bersama Sylvester Stallone pada 1981.

Selain bola, medali, dan sepatu, Pele juga melelang beberapa koleksi jersey Timnas Brasil, Santos dan New York Cosmos di mana sang pemain pernah menjadi tiga tim itu. Dokumentasi seputar momen terbaiknya ikut dilepas. Salah satunya, ketika dia berpose bersama George Best dan mengangkat trofi Piala Dunia pertama kali pada 1958 di Swedia. Ketika itu, Pele masih remaja, berusia 17 tahun. Pele tercatat sebagai pemain termuda saat itu.

Menurut laporan Sydney Morning Herald, total benda-benda bersejarah itu bernilai 1 juta dolar AS atau Rp 13 miliar. Hasil dari lelang ini sebagian disumbangkan ke rumah sakit anak-anak, Pequeno Principe di Curitiba. Motif Pele menjual benda-benda pribadinya sederhana. "Saya memberikan izin pada penggemar  dan kolektor untuk memiliki sepotong sejarah saya dengan baik," ujar Pele. 

Seluruh proses lelang diserahkan kepada balai lelang Julien's Auction yang berbasis di Beverly Hills, Los Angeles. Menurut Martin Nolan selaku Direktur kantor lelang tersebut, Pele belum kehilangan pesona meski telah pensiun 4 dekade lalu. "Pele seperti Marilyn Monroe dari dunia olahraga. Dia sebuah ikon dan duta besar sepakbola," kata Nolan.
Lelang bakal berlangsung di London pada 7 hingga 9 Juni 2016. Sebelum lelang dimulai, penyelenggara bakal menggelar pameran untuk publik mulai 1 Juni. 

Kantor lelang Julien's Auction menaksir harga piala kecil Julies Rimet milik Pele bisa bernilai 400 dolar AS hingga 600 ribu atau setara (Rp 5,2 miliar). Bahkan bisa lebih mengingat trofi  itu bagian dari saksi bisu keberhasilan Brasil merebut gelar juara dunia untuk ketiga kali di Piala Dunia Meksiko 1970."Ini salah satu item yang unik. Perkiraan harganya sangat konservatif. Mungkin harga jualnya bisa 1 juta dolar AS," kata Nolan.
Tiga medali Piala Dunia Pele ditaksir mampu menembus angka  200 ribu dolar AS. 

Sedangkan, bola yang digunakan untuk mencetak gol ke-1.000 diprediksi bisa mencapai 40 ribu hingga 60 ribu dolar AS. Cincin kejuaraan Liga Amerika Serikat 1977 bersama New York juga ikut dilelang.

Dari semua memorabilia tersebut,  terdapat satu benda yang mungkin tidak ternilai yaitu bola darurat dari gulungan kaus kaki yang digunakan Pele saat remaja. Diyakini itu menjadi bola pertama yang dimainkan Pele. Tapi sejauh ini, Julien's Auction belum bisa menguji keasliannya. "Kami memiliki bola lembut yang dijahit di kanvas, sejauh ini kami belum menetapkan secara definitif apakah itu bola pertama yang dimainkan Pele atau bukan. Tapi bila benar, tentu item itu akan sangat fenomenal," ungkap Nolan.7

Komentar