nusabali

Klose Top Skorer Sepanjang Masa

  • www.nusabali.com-klose-top-skorer-sepanjang-masa

Legenda timnas Jerman Miroslav Klose hingga kini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Piala Dunia dengan torehan 16 gol.

MOSKOW, NusaBali
Klose tampil di 24 pertandingan Piala Dunia pada gelaran 2002, 2006, 2010, dan terakhir 2014. Klose mencetak gol pertama di Piala Dunia saat melawan Arab Saudi pada 1 Juni 2002. Ketika itu timnas Jerman pesta gol usai menang 8-0 dan Klose yang main sejak awal laga dan menciptakan hattrick sebelum digantikan Oliver Neuville pada menit ke-76.

Laga lawan Arab Saudi merupakan satu-satunya Klose menciptakan hattrick di Piala Dunia. Eks Lazio, Bayern Muenchen, dan Werder Bremen itu tercatat tiga kali brace di Piala Dunia, yakni saat melawan Kosta Rika dan Ekuador di Piala Dunia 2006 dan ke gawang Argentina pada Piala Dunia 2010.

Klose juga pencetak gol tersubur dalam sejarah Piala Dunia dengan melewati rekor 15 gol milik Ronaldo Luiz Nazario ketika timnas Jerman mengalahkan timnas Brasil 7-1 pada semifinal Piala Dunia 2014, 8 Juli 2014. Itu adalah gol terakhir Klose di Piala Dunia.

"Sangat pahit bagi Ronaldo karena dia di stadion ketika saya melewati catatan golnya saat melawan Brasil. Tapi Ronaldo pemain luar biasa. Untuk saya, dia pemain paling lengkap," ujar Klose, di situs resmi FIFA.

Dari empat kali tampil di Piala Dunia, Klose menjadi top skor pada 2006 di Jerman. Sedangkan torehan 16 gol membuat Klose mengalahkan catatan gol Ronaldo [15], Gerd Muller [14 gol], Just Fontaine [13 gol], Pele [12 gol], Jurgen Klinsmann [11 gol] dan Sandor Kocsis [11 gol].

Sementara pemain aktif di daftar papan atas pencetak gol terbanyak Piala Dunia adalah penyerang timnas Jerman Thomas Mueller dengan sepuluh gol. Mueller masih akan memperkuat timnas Jerman di Piala Dunia 2018.

Sementara Brasil jadi tim paling banyak menyumbang pemain jadi top skorer Piala Dunia, yakni lima pemain, Leonidas, Ademir, Garrincha, Vava dan Ronaldo. Sedangkan rekor gol terbanyak dalam satu turnamen dipegang Juste-Fontaine asal Prancis dengan 13 gol pada 1958. Kebanyakan top skorer adalah striker atau penyerang. Namun ada juga gelandang atau winger, yakni Grzegors Lato dan Wesley Sneijder. *

Komentar