nusabali

Nyamar Jadi Warga Biasa, Kapolda Bali Sidak Empat Polsek

  • www.nusabali.com-nyamar-jadi-warga-biasa-kapolda-bali-sidak-empat-polsek

Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose punya jurus unik untuk mengetahui kesiapan anggotanya di tingkat Polsek.

Naik Motor, Kenakan Kaos Merah

DENPASAR, NusaBali
Salah satunya, Kapolda Petrus Golose menyamar sebagai warga biasa saat melakukan sidak ke empat Polsek di Bali, Jumat (25/5) dan Sabtu (26/5) lalu. Dua (2) Polsek yang menjadi sasaran sidak Kapolda Petrus Goloseyaitu pada hari pertama, Jumat, masing-masing Polsek Dawan, Klungkung (yang berada di Jalan Kusa Negara kawasan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan) dan Polsek Kawasan Laut Padangbai, Karangasem (yang berada di kawasan Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis).

Sedangkan pada sidak hari kedua, Sabtu, Kapolda Petrus Golose menyasar Polsek Manggis (Karangasem) dan Polsek Denpasar Timur (di Jalan Bypass Prof Dr IB Mantra Tohpati). Untuk mengelabui bawahannya, orang nomor satu di jajaran Polda Bali ini da-tang ke Polsek dengan mengenakan pakaian layaknya warga biasa.

Bukan hanya itu, Kapolda juga datang naik motor, hanya mengenakan baju kaos merah dengan lapis jaket hitam dan celana hitam. Dalam dua hari melaksanakan sidak tersebut, Kapolda Petrus Golose didampingi Dir Lantas Polda Bali Kombes Anak Agung Made Sudana dan Direktur Binmas Polda Bali, Kombes I Gusti Putu Ngurah Gunawan.

Dalam sidaknya, Kapolda Petrus Golose mengecek mulai dari SOP Polsek hingga kesiapsiagaan dalam mengawal Markas Polsek. Dari sidak di 4 Polsek di tiga kabu-paten/kota tersebut, Kapolda Petrus Golose tidak menemukan adanya pelanggaran dalam pengawalan Polsek. “Saya bangga dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polsek atas kesiapsiagaannya melaksanakan pengamanan Mako yang sudah sesuai SOP,” ujar Jenderal Bintang Dua asal Manado, Sulawesi Utara ini usai sidak, Sabtu lalu.

Dalam sidak di 4 Polsek tersebut, Kapolda Petrus Golose juga mengecek peralatan pendukung tugas yang ada di Polsek, seperti rompi anti peluru, senjata api, HT (Handy Talkie), senter, dan borgol. Hasil temuan saat sidak tersebut kemudian dievaluasi dan disampaikan ke seluruh anggota Polsek.

Sementara itu, sidak ke Polsek Mnanggis dan Poslek Kawasan Laut Padangbai mem-buktikan Kapolda Petrus Golise memberi perhatian khusus untuk keamanan di wilayah Kabupaten Karangasem. Selain ada banyak pelabuhan rakyat, di Karangasem juga terdapat Pelabuhan Padangbai yang menjadi pintu masuk Bali lewat darat dari arah ti-mur.  

Dalam sidak ke Polsek Manggis dan Polsek Kawasan Laut Padangbai tersebut, Kapolda Petrus Golose juga mengecek sejauh mana kesiapan anggotanya dalam mengamankan Pilgub Bali 2018. Saat ini, kedua pasangan calon yang akan tarung head to head ke Pilgub Bali 2018, masih melaksanakan kegiatan kampanye.

Kedua pasangan calon tersebut, pertama Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Cok Ace), Cagub-Cawagub Bali nomor urut 1 yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP. Kedua, pasangan IB Rai Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), Cagub-Cawagub Bali nomor urut 2 yang diusung Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-PKS-PBB.

“Polsek sebagai ujung tombak Polri, harus berperan secara maksimal untuk menyejukkan situasi di wilayahnya masing-masing, agar seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan aman dan damai,” tandas Kapolda Bali yang notabene mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Mabes Polri ini.

Menurut Petrus Golose, kegiatan sidak ini penting dilakukan untuk mengetahui sistem pengamanan di tingkat Polsek pasca aksi teror yang terjadi di Surabaya (Jawa Timur) dan Riau, beberapa waktu lalu. Kedatangan Kapolda ke Polsek ini akan menambah semangat bagi anggotanya agar lebih sigap dan peka dengan situasi di sekitarnya saat melaksanakan tugas. *rez

Komentar