nusabali

KONI Badung Rancang Porkab Mirip Porprov

  • www.nusabali.com-koni-badung-rancang-porkab-mirip-porprov

Porkab bakal bergulir tahun 2020 dengan partisipasi enam kecamatan guna penjaringan atlet dan menggelorakan olahraga di masyarakat.

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai daerah yang menjadi langganan juara umum Porprov, KONI Kabupaten Badung kini tengah merancang kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang proses pelaksanaanya mirip event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Jika Porprov diikuti Kabupaten/Kota di Bali, maka Porkab nanti pesertanya berasal dari enam kecamatan yang ada di Badung.

Guna memastikan Porkab yang akan dihelat tahun 2020, Ketum KONI Badung, Made Nariana membahas hal tersebut dalam Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Badung di Hotel Crystal Kuta, Selasa (8/5).

Menurut Made Nariana selama ini dia ingin  memaksimalkan kerja dari KONI Kecamatan yang telah dilantik belum lama ini dan Ketua Cabang- Cabang Olahraga yang ada di Badung. "Arah capaian terdekat yang ingin kami raih yakni mempertahankan juara umum di Porprov Tabanan," harap Nariana.

Begitu usai Porprov Tabanan, KONI Badung akan mengajukan diri sebagai host Porprov 2021. Untuk memaksimalkan proses pembinaan dan geliat olahraga di Badung, KONI Kecamatan yang kami bentuk diharapkan kerjanya lebih maksimal lagi. Terutama dalam menyongsong Porkab Badung tahun 2022.

Peserta Porkab kata dia, nanti mulai dari KONI Kecamatan Kuta, KONI Kecamatan Kuta Selatan, KONI Kecamatan Kuta Utara, KONI Kecamatan Abiansemal, KONI Kecamatan Mengwi dan KONI Kecamatan Petang. Pimpinan KONI Kecamatan itu menjadi menjadi koordinator olahraga Kecamatan, langsung dikomando Camatnya. Ini sesuai amanah UU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). "Porkab Badung Prestasi tahun 2020 ini, nanti antar Kecamatan ada wakilnya. Model seperti Porprov, tapi nanti ada satu Kecamatan sebagai tuan rumah. Itu mengatur secara teknis satu Kecamatan. Tapi tempat bertandingnya di seluruh Badung," terang Nariana.

Sebab, event ini digelar dinilai lebih efektif dalam proses penjaringan atlet, dan menyemarakkan olahraga hingga ke desa-desa. Dengan harapan perkembangan cabor merata di setiap Kecamatan. Ini penjaringan juara-juara Kecamatan diadu antar Kecamatan. Selanjutnya atlet juara di Porkab akan dibina untuk mewakili Badung nantinya. Sehingga atlet terbaik yang akan dikirimkan nantinya.

Sementara untuk cabor yang dipertandingkan menyesuaikan dengan nomor yang dipertandingkan di event Porprov. "Sebelumnya ada event disebut Mangupura Cup. Itu yang mengelola yakni cabor. Namun untuk tahun berikutnya nanti diubah menjadi Porkab. Pengelolaanya KONI Badung," tegas Nariana. Bahkan, dalam persiapan menuju Porkab, nantinya KONI Badung tetap mengajukan anggaran ke Pemerintah untuk membantu cabor.

Sebaliknya Camat juga mengajukan anggaran untuk kontingen di setiap Kecamatan. Termasuk ada bonus dari kecamatan masing-masing. Sementara KONI sifatnya akan membantu per cabor diberikan sekitar Rp 25-30 juta, sebagai rangsangan pelaksanaan. "Kami yakin, jika Porkab bisa dijalankan, perkembangan semua cabor di Badung akan lebih bergairah dan semarak. Sebab, acuannya nanti tetap menyesuikan dengan cabor yang dipertandingkan di Porprov," kata Nariana.*dek

Komentar