nusabali

Satpol PP Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan

  • www.nusabali.com-satpol-pp-diminta-tingkatkan-kesiapsiagaan

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengawal Pilkada serentak tahun 2018.

BANGLI, NusaBali
Permintaan itu dilontarkan saat memimpin apel HUT ke-68 Satpol PP, HUT ke-56 Sat Linmas, dan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dipusatkan di Lapangan Kapten Mudita, Bangli, Rabu (25/4).

Dewa Indra mengatakan, ada agenda besar nasional yang akan digelar yakni Pilkada serentak dan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (pilpres) 2019 yang juga digelar bersamaan. Karena itu, peran Satpol PP menjadi penting di tahun politik. “Satpol PP harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan. Maka tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke 68 kali ini adalah Satpol PP  siap mengawal Pilkada serentak 2018,” sebut Dewa Indra  saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dikatakan, Satpol PP dan Sat Linmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. “Sesuai aturan, Satpol PP mempunyai tugas pokok antara lain membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada baik sebelum atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” jelas Dewa Indra.

Di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat, potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. Dewa Indra meminta agar dari sekarang, Satpol PP dan Sat Linmas  lebih meningkatkan upaya deteksi dini. Sehingga  potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi. Dewa Indra mengingatkan, Satpol PP dalam menjalankan tugasnya harus tetap berpedoman pada aturan. “Oleh sebab itu, saya  meminta kepada Bupati agar mengkoordinasikan di daerah masing-masing untuk mengambil langkah-langkah antisipasi,” pinta Dewa Indra.

Apel peringatan HUT Satpol PP yang dihadiri Bupati Bangli I Made Gianyar dan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa, Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, Kasat Pol PP se-Bali,  serta Forkompimda Kabupaten Bangli. Apel ditutup dengan atraksi personel Sat Pol PP yakni yel-yel, lagu Pol PP dan senam Gemu Famire serta penyerahan paket sembako kepada warga kurang mampu. *e

Komentar