nusabali

Liga 3 Bali Digelar Juni

  • www.nusabali.com-liga-3-bali-digelar-juni

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Bali siap menggelar Kompetisi Liga 3 Zona Provinsi Bali pada akhir Juni 2018.

DENPASAR, NusaBali
Namun rincian jadwalnya masih menunggu bergulirnya ‘kompetisi’ Piala Soeratin U-15 dan U-17 yang dimulai Sabtu (14/4). "Jadwal Liga 3 masih menuggu Piala Soretain berakhir, baik untuk U-15 dan U-17. Sedangkan Kartini Cup khusus pemain wanita tidak terlalu memakan waktu panjang," kata Direktur Kompetisi Asprov PSSI Bali, Gede Made Anom Prenatha, di Denpasar, Senin (9/4).

Menurut Anom Prenatha, jadwal lengkap Liga 3 bisa saja diketahui awal Juli. Sebab, pada Agustus sudah dilakukan babak Regional Bali Nusra. Sebab pemenang Zona Bali akan dipertemukan tim wakil NTT dan NTB. Mekanisme kompetisi babak regional belum ditentukan.

"Kami harapkan akhir Juli sudah ada juaranya. Jangan sampai jadwal babak regional berdekatan dengan berakhirnya Liga 3 Bali," terang Anom Prenatha. Jika dirancang ada jeda waktu, harapannya tim yang juara mewakili Bali. Jika waktunya berdekat, kasihan tim yang juara tidak sempat melakukan evaluasi. Sebab biasanya begitu memasuki Zona Regional setiap tim kembal mencari tambahan pemain, sesuai kebutuhan timnya.

Nanti pada saat Zona Provinsi pasti tim bersangkutan tidak mengambil semua kuota pemain, yakni 30 pemain. Dengan demikian, klub tersebut berpeluang menambah pemain saat tampil di babak regional.

"Dulu memang tidak ada babak regional. Tapi, tahun ini memang seperti itu berlaku regulasinya," tegas Anom Prenatha.

Sementara tahun sebelumnya pemenang di tingkat provinsi langsung ke nasional. Sedangkan sistem di babak regional, Anom Prenatha belum berani memastikan. Apakah menggunakan sistem home kompetisi, kompetisi penuh atau setengah kompetisi. Yang jelas di babak regional hanya tim terbaik yang mewakili regional.

Namun Anom Prenatha berharap, setiap tim yang ambil bagian bersiap sejak sekarang. Terutama menyiapkan pemain kelahiran 1 Januari 1996 atau under 23 tahun. Kuota U-23 27 pemain, dan sisanya tiga pemain senior.

Menurut Anom,  tim yang konfirmasi ambil bagian dari anggota klub Asprov PSSI Bali. Yakni, Perseden Denpasar, Persekaba Bali, Putra Tresna, Putra Pegok, Pro Kundalini, Putra Tresna, Perst Tabanan, Singaraja FC, Tunas Muda Ubud Gianyar, dan Undiksha FC. *dek

Komentar