nusabali

Bedah Rumah Efektif Turunkan KK Miskin

  • www.nusabali.com-bedah-rumah-efektif-turunkan-kk-miskin

Program bedah rumah dari Pemkab Jembrana yang digulirkan setiap tahun mulai tahun 2012, termasuk sejumlah pihk lainnya, diklaim efektif turunkan KK miskin di Kabupaten Jembrana.

NEGARA, NusaBali

Terbukti dengan turunnya jumlah KK miskin di Jembrana, yang tahun 2010 berjumlah 17.623 KK, turun menjadi 10.326 KK pada tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, saat menghadiri peresmian bedah rumah milik I Gede Wele, asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Jumat (6/4). Bedah rumah milik Wele itu, merupakan salah satu dari 7 bedah rumah yang digelontorkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Mekar Bersemi Kecamatan Negara.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Kembang mengaku program bedah rumah dari Pemkab Jembrana, juga ditingkatkan tahun 2018. Dari sebelumnya Rp 20 juta per unit menjadi Rp 25 per unit. Nilai bedah rumah itu pun sama dengan yang digelontarkan BUMDes Bersama Mekar Bersemi Kecamatan Negara. “Tahun ini Pemkab Badung juga memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 300 unit. Apa yang dilakukan ini sejalan dengan program Pemerintah dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Jembrana,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Negara I Ketut Suasana, mengatakan BumDes Bersama Kecamatan Negara ini menggunakan alokasi dana 20 persen dari SHU 2017 untuk membantu masyarakat. Di antaranya, untuk bantuan sosial masyarakat miskin sejumlah Rp 204.680.290 dan bantuan tujuh unit bedah rumah dengan nilai Rp 25 juta  per unit. Adapun desa/kelurahan yang mendapatkan bantuan bedah rumah tahun ini, masing-masing di Desa Kaliakah, Desa Berangbang, Desa Banyubiru, Desa Baluk, Desa Tegal Badeng Barat, Desa Tegal Badeng Timur dan Kelurahan Lelateng. *ode

Komentar