nusabali

Coutinho 'Dipagari' Rp 6,4 T

  • www.nusabali.com-coutinho-dipagari-rp-64-t

Klausul transfer jadi cara klub melindungi aset agar tidak dibeli klub lain. Semakin tinggi nilainya, semakin krusial pula peran pemain itu bagi tim.

Jadi Pemain Termahal di La Liga


BARCELONA, NusaBali
Hijrah ke Barcelona dari Liverpool, Philippe Coutinho ‘dipagari’ klausul transfer atau pelepasan 400 juta Euro atau sekitar Rp 6,4 triliun. Sedangkan harga transfernya dari The Reds, AS melaporkan pada Minggu (7/1), Barcelona harus merogoh kocek hingga 160 juta Euro (Rp 2,58 triliun).

Harga Coutinho melewati melewati rekor pembelian seluruh pemain di La Liga. Bahkan jauh lebih mahal saat Barca mendatangkan Neymar, Luis Suarez, dan Lionel Messi. Harga Coutinho juga di atas harga beli Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

Meski memecahkan rekor pembelian tertinggi klub, harga itu masih jauh di bawah saat Barca melepas Neymar, senilai 220 juta Euro ( Rp 3,4 triliun) ditebus. Namun Barca tak ingin kecolongan lagi setelah Neymar pergi ke Paris Saint-Germain sebagai pemain termahal dunia.

Coutinho pun dipagari dengan klusul pelepasan 400 juta Euro (Rp 6,4 triliun). Harga Coutinho ini lebih istimewa dibandingkan Neymar karena melalui proses negosiasi. Neymar pergi tanpa proses negosiasi karena langsung dengan menebus klausul pelepasannya.

Dengan harga sebesar itu, Coutinho menjadi pemain termahal ketiga di dunia, setelah Neymar 220 juta Euro dan Kylian Mbape 180 juta Euro. Namun Mbape baru dipermanenkan pada akhir musim 2017/2018 ini.

Dengan angka buy out 400 juta Euro, Coutinho bergabung dalam kelompok elite pemain dengan nilai klausul tertinggi. Tercatat ada enam pemain yang lebih ‘berharga’ dibandingkan Coutinho. Mereka dari dua klub Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Yakni, dua pemain Madrid Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema masing-masing memiliki nilai satu miliar euro.  Di Barca Lionel Messi punya klausul 700 juta Euro.  Lalu tiga pemain Madrid Gareth Bale, James Rodriguez, Luka Modric, masing-masing 500 juta euro

Klausul transfer itu cara klub untuk melindungi aset agar tidak dibeli klub lain. Semakin tinggi nilainya, semakin krusial pula peran pemain yang bersangkutan bagi tim. Namun Paris Saint-Germain mengejutkan dunia ketika menebus klausul transfer Neymar di Barcelona musim panas lalu, dengan nilai 222 juta euro.

Sementara itu, Coutinho bersama keluarganya tiba di Barcelona. Hanya, tidak ada pernyataan yang disampaikan. Mereka cenderung menghindari awak media yang menunggu di pintu keluar bandara dan memilih segera masuk mobil yang telah menunggu.

Menurut AS, Coutinho akan menjalani tes medis pada Senin (8/1). Kemungkinan dia akan melakoni debut di ajang Copa del Rey saat Barcelona menghadapi Celta Vigo, Kamis malam. *

Komentar