nusabali

PHDI Serahkan Sumbangan Konjen RRT ke Posko Gunung Agung

  • www.nusabali.com-phdi-serahkan-sumbangan-konjen-rrt-ke-posko-gunung-agung

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali mulai turun ke posko pengungsi erupsi Gunung Agung Karangasem dengan membawa sumbangan sembako dan kebutuhan lain yang dititipkan oleh Konjen Republik Rakyat Tiongkok, Jumat (29/12) lalu.

DENPASAR,NusaBali

Dalam sumbangan itu, PHDI pertama turun di Posko Kecamatan Rendang yang dihuni 2000-an orang pengungsi. PHDI membawa 2 truk bantuan antara lain terdiri beras, minyak goreng, sabun mandi, shampo, selimut, buku dan alat tulis lainnya. PHDI dibantu Relawan KorDEM Peduli Gunung Agung, KMHDI, Resimen Mahasiswa IHDN Denpasar, wakil rektor dan Staf PHDI.

Sembako diserahkan secara simbolik ke pengungsi disaksikan Camat Rendang, Danramil Rendang, Korlap posko Rendang dan ratusan pengungsi.  Selain penyerahan sembako, IHDN menyumbang hiburan lawak Dadong Rerod.

Ketua PHDI Bali IGN Sudiana mengatakan, sumbangan yang diserahkan kepada pengungsi berupa sembako, sementara PHDI menyiapkan transportasi truk dan biaya lainnya. "Sumbangan yang kami serahkan ini adalah bagian dari 8 truk sumbangan Konjen RRT untuk pengungsi Gunung Agung. PHDI membantu biaya transportasi,” ujar Sudiana, kemarin.

Lanjut Sudiana, relawan secara bertahap akan distribusikan ke posko- posko pengungsi. “Kami serahkan ke pengungsi di posko 8 kabupaten/kota lainnya. Setidaknya sumbangan ini bisa membantu meringankan kebutuhan para pengungsi karena erupsi Gunung Agung seperti ini kondisinya akan berlangsung berhari-hari lama,"  ujarnya.

Sementara Pembina KorDEM I Wayan Sudirta mengajak pengungsi bersabar dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi perhatian. Dia juga meminta kepada pengungsi agar tidak mengeluh walaupun dirasakan ada kekurangan. Sebab menangani pengungsi pasti tidak bisa memuaskan. “Namun dibanding pengungsi saat letusan tahun 1963 yang sangat terbatas kini penanganan bencana erupsi jauh lebih baik,” ujar Sudirta. *nat

Komentar