nusabali

Desa Beraban Lombakan Tari Rejang Renteng

  • www.nusabali.com-desa-beraban-lombakan-tari-rejang-renteng

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 89, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan menggelar lomba Tari Rejang Renteng, Jumat, (22/12).

Meriahkan Peringatan Hari Ibu


TABANAN, NusaBali
Lomba yang diikuti 10 banjar yang ada di Desa Beraban dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tabanan, I Wayan Yatna Nadi.

Pembukaan lomba tari rejang renteng yang dimulai sekitar pukul 19.00 Wita itu ditandai dengan pemukulan gong oleh I Wayan Yatna Nadi mewakili Bupati Tabanan. Yatna Nadi dalam sambutanya mengatakan hari ibu merupakan wujud kesetaraan gender yang direfleksikan untuk memajukan perempuan. Terkait dengan lomba tari rejang renteng, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Desa Beraban. "Kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Beraban menggelar lomba tari rejang renteng dalam rangka Hari Ibu," jelasnya

Perbekel Desa Beraban, I Wayan Sukariana dalam sambutanya mengajak seluruh ibu ibu,  pemuda dan masyarakat  untuk selalu berpartisipasi dalam membangun Desa Beraban. Dikatakannya, lomba tari rejang renteng dalam rangka memeriahkan Hari Ibu  tanggal 22 Desember 2017 ini melibatkan seluruh masyarakat Beraban. "Saya berharap kepada semua peserta lomba mempercayakan sepenuhnya kepada tim juri, apapun hasilnya," tandas Sukariana.

Sementara itu Ketua Panitia, I Ketut Sunarwa menjelaskan ada tiga lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu. Di antaranya lomba tari rejang renteng, lomba senam lansia, lomba metembang bali berpasangan. Masing masing lomba diikuti 10 banjar se desa Beraban. "Lomba dalam rangka Hari Ibu ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 22 hingga tanggal 24 Desember 2017," jelasnya.

Dikatakan Sunarwa, tujuan dari lomba tersebut menumbuh kembangkan potensi yang ada di desa Beraban, melestarikan seni dan budaya khususnya budaya Hindu yang tercermin dalam tari rejang renteng, untuk menumbuhkan sikap sportifitas masyarakat, siap menang dan siap kalah, serta untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

Setelah 10 Banjar tampil dengan kemampuan terbaiknya, tiga juri akhirnya memutuskan yang menjadi Juara I Lomba Tari Rejang Renteng, adalah Banjar Gegelang, Juara II Banjar Batugaing Kaja dan Juara III Banjar Dukuh.

Hadir juga dalam lomba rejang renteng Anggota DPRD Tabanan I Made Edi Wirawan, Camat Kediri I Made Murdika,jajaran kepolisian, jajaran TNI, Bendesa Adat Desa Pakraman Beraban I Made Sumawa, Manager DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana, Ketua LPM Desa Beraban I Dewa Nyoman Dirga, Wakil  Ketua BPD I Wayan Sutama  dan Kelian Dinas/Adat se- Desa Beraban dan warga masyarakat kurang lebih 1.000 orang. *d

Komentar