nusabali

Buleleng Tunggu Sikap Karangasem

  • www.nusabali.com-buleleng-tunggu-sikap-karangasem

Jelang Ulangan Semester Siswa Pengungsi

SINGARAJA, NusaBali

Ulangan semester bagi siswa SD dan SMP tinggal sepekan lagi. Namun nasib siswa asal Karangsem yang masih melanjutkan pendidikan di daerah pengungsian wilayah Buleleng, belum jelas. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng masih menunggu mekanisme ulangan semester bagi siswa pengungsi dari Disdikpora Karangasem.

Siswa asal Karangsem yang masih numpang belajar di sejumlah sekolah di Buleleng diperkirakan mencapai ratusan orang. Mereka ini akan mengikuti ulangan semester mulai Senin (20/11) pekan depan. Kini nasib mereka ditentukan pihak Disdikpora Karangasem. Karena data para siswa itu berada di sekolah asal yakni di Karangsem. Ulangan semester tersebut berkaitan dengan pembiayaan pengadaan soal yang biasanya diambilkan dari dana BOS (biaya operasional sekolah). Disamping itu penilaian terhadap siswa yang bersangkutan juga tidak bisa dilakukan oleh guru yang bukan asal sekolahnya.

Kepala Disdikpora Buleleng Gede Suyasa mengatakan, pihaknya masih menunggu sikap dari Disdikpora Karangasem. Namun dari hasil koordinasi terakhir, akan dilakukan penghitungan kembali jumlah siswa asal Karangasem yang masih numpang belajar di Buleleng. Rencananya pendataan pada Senin (13/11) ini, untuk mengetahui jumlah valid mereka. Apalagi hampir dua pekan libur hari Raya Galungan dan Kuningan. “Nanti kelihatan secara riil berapa siswa asal Karangasem yang masih sekolah di Buleleng. Dua minggu ini kan ada dinamika pengurangan pengungsi,” kata Suyasa, akhir pekan lalu.

Bagi siswa-siswa asal Karangasem yang sudah pulang kampung, mereka akan melakukan ulangan di sekolah asalnya. Sementara bagi siswa-siswa pengungsi yang masih bertahan di Buleleng, harus dipastikan nasibnya ketika mengikuti ulangan semester. “Siswa yang tetap bertahan di Buleleng, ya wajib kami tampung. Mereka tetap belajar di Buleleng. Kalau sudah waktunya ulangan semester, mereka ya ikut ulangan,” imbuhnya.

Khusus untuk biaya ulangan, seperti pengadaan kertas jawaban dan lembar soal, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Disdikpora Karangasem. Karena biaya yang timbul akibat ulangan semester bagi siswa asal Karangasem, akan ditanggung oleh Disdikpora Karangasem.

“Nanti biaya akan diberikan oleh sekolah asal mereka. Jadi dhitung biaya per masing-masing siswa. Kami tinggal menghitung, berapa jumlahnya siswanya, nanti kami sampaikan pada Disdikpora Karangasem. Kepastiannya kita lihat hari Senin (13/11). Berapa siswa yang sekolah, itu yang dapat kepastian (ikut ulangan),” tandas Suyasa.*k19

Komentar