nusabali

Basket Siap Seleksi Pemain Pra PON

  • www.nusabali.com-basket-siap-seleksi-pemain-pra-pon

Pemain di tim juara di Porprov belum jaminan bisa masuk tim Pra PON Bali, karena seleksi menjadi acuan utama untuk Prapomasuk tim Pra PON.

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum Pengprov Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menegaskan tetap menggelar seleksi terbuka kepada pemain yang akan direkrut tim Pra PON Basket Bali. 

Seleksi untuk mencari pemain basket sesuai kebutuhan tim, baik di sektor putra dan putri tetap dilakukan proses seleksi secara umum. Hasil Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar, September lalu, hanya dipakai menentukan tim bayangan awal untuk melihat kemampuan basket secara sekilas.

"Yang juara di Porprov belum jaminan bisa masuk tim Pra PON Bali, karena seleksi menjadi acuan utama untuk masuk tim Pra PON," ucap I Gusti Ngurah Oka Darmawan, di Denpasar Senin (2/10).

Bagi Oka Darmawan, mekanisme seleksi dinilai lebih objektif dalam menentukan pebasket bisa masuk tim Pra PON. Dimana, baik tim basket putra dan putri akan mencari 12 pemain. Hanya saja seleksi baru dilakukan menjelang Pra PON digulirkan. 

"Mungkin akhir tahun depan baru kami lakukan seleksi. Sambil melihat perkembangan jadwal Pra PON," tutur Oka Darmawan. 

Biasanya Pra PON dihelat akhir tahun dan sampai saat ini belum ada informasi pasti dari PB Perbasi Pusat. Sehingga, pihaknya di daerah hanya menunggu perkembangan dan instruksi yang ada.

Pemain yang dinyatakan lolos seleksi itu sesuai dengan pilihan tim pelatih. "Kami kan belum juga bentuk tim pelatih, sebab Pra PON masih jauh juga. Tetapi, dari sisi bayangan awal hasil Porprov memang sudah terlihat orang-orangnya yang akan dipanggil. Tapi, semua itu kan belum jaminan," tegas Oka Darmawan. 

Meskipun kalkulasi materi, tetap tim yang juara dominan masuk Tim Pra PON. Karena sudah membuktikan diri sebagai juara. Tapi, dia berharap dalam proses seleksi nanti tetap diminta menunjukkan kemampuan terbaiknya. "Kami tegaskan itu materi pemain yang direkrut sesuai kebutuhan tim," beber Oka Darmawan.

Dia menambahkan, kualitas pemain memang di tim putri terlihat menonjol. Itu tidak lepas dari materi pemain yang ambil bagian. Sudah terbiasa ambil bagian di kompetisi DBL sebagai kasta tertinggi Basket di Indonesia. 

Tetapi, di sektor putra, Oka Darmawan juga tetap optimis dengan pemain yang ada. Bagi dia, perkembangan di bagian putra cukup lumayan. Karena dilihat dari gaya permainannya yang terus mengalami peningkatan. 

"Kami tetap berharap di Putra bisa lolos PON. Dan, untuk putri memang kans lolos PON cukup terbuka. Saya harap kedua-duanya lolos PON dulu," harap Oka Darmawan. *dek

Komentar