nusabali

PKK Desa Bengkel Adu Tangkas Tangkap Kucit

  • www.nusabali.com-pkk-desa-bengkel-adu-tangkas-tangkap-kucit

Sekaa Teruna (ST) Wiraganesha, Banjar Bengkel Kawan, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Tabanan menggelar lomba ngejuk kucit (tangkap anak babi) di halaman SDN 1 Bengkel, Minggu (13/8). 

TABANAN, NusaBali
Lomba adu tangkas tangkap kucit ini digelar untuk memeriahkan peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Ketua ST Wiraganesha, I Made Yudhi Arthana, 26, menjelaskan, peserta lomba Ngejuk Kucit adalah ibu-ibu PKK se-Desa Bengkel. Peserta lomba sebanyak 4 kelompok dari Banjar Bengkel Kawan, Banjar Clengis, Banjar Bengkel Buduk, dan Banjar Bengkel Gede. Setiap kelompok diperkuat 6 anggota. “Ada empat kucit yang jadi target untuk ditangkap,” terang Yudhi Arthana. 

Agar lomba makin menarik, kucit yang jadi target tangkapan diolesi oli sehingga tubuhnya licin. Selain diisi oli juga dilumuri kotoran babi. Para peserta pun kesulitan tangkap kucit karena tubuhnya licin. Kegagalan demi kegagalan ini membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal. “Suasana lomba jadi lebih semarak karena kucit sulit ditangkap,” ungkap Yudhi. 

Bagi yang sukses tangkap kucit, hasil tangkapannya bisa langsung dibawa pulang. Dijelaskan, lomba tangkap kucit selain menjadi hiburan juga investasi bagi pemenangnya. Sebab kucit bisa dipelihara dan dalam kurun waktu 6 bulan sudah bisa dijual. Selain lomba menangkap babi, juga dilaksanakan lomba panjat pinang. Beragam lomba ini telah dimulai sejak Kamis (10/8) lalu melibatkan masyarakat umum, siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. *d

Komentar