nusabali

Karangasem Targetkan Paskibraka Lolos ke Istana

  • www.nusabali.com-karangasem-targetkan-paskibraka-lolos-ke-istana

AMLAPURA, NusaBali
Karangasem kembali menargetkan Paskibraka setempat lolos ke Provinsi Bali, lanjut ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Lolos dimaksud untuk ikut mengibarkan bendera pusaka pada puncak HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa menegaskan hal itu di Amlapura, Senin (17/4). Sebab, kata dia, tahun lalu sepasang Paskibraka Karangasem lolos ke Istana Merdeka sebagai pengibar bendera pusaka. Kedua siswa yang mampu mencatat sejarah itu, I Kadek Kemala Permana Putra kelas XI IPS 2 SMAN 2 Amlapura dan Ni Ketut Pande Suastini siswi kelas XI TKJ (teknik komputer jaringan) 1 SMKN Manggis.

Empat pasang yang telah lolos ke Provinsi Bali, menurut I Wayan Sutapa, masing-masing 4 siswa putra dan 4 siswa putri, yang meraih skor tertinggi peringkat 1 hingga 4.

Empat siswa putra, katanya, I Gede Aldi Arisena dari SMAN 1 Amlapura skor 92, I Komang Windu Pradnyana dari SMAN 2 Amlapura skor 92, I Gede Kevhin Brlyana Putra dari SMAN 2 Amlapura skor 92 dan I Kadek Radeya Sri Bhrata Udayana dari SMAN 1 Amlapura skor 88,67.

Sedangkan empat siswa putri yang lolos, Ni Wayan Swadi Asih dari SMKN 1 Amlapura skor 91,6, Komang Elysia Putri Maharani dari SMAN 2 Amlapura skor 91,6, Ni Luh Putu Pradnya Duwita dari SMAN 2 Amlapura skor 91,6 dan Ni Wayan Asih Aspriliani dari SMAN 3 Amlapura skor 91,6. "Kami optimis bisa lolos ke Istana Merdeka, untuk melanjutkan prestasi tahun lalu," jelas I Wayan Sutapa.

Harapan serupa juga datang dari Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa, yang telah meloloskan 4 siswanya ke Paskibraka Provinsi Bali. "Secara teknis, fisik dan mental siswa kami telah siap ikut seleksi, semoga prestasi tahun lalu terulang dari SMAN 2 Amlapura," harap I Wayan Puja Astawa.

SMAN 2 Amlapura juga meloloskan 11 siswa di Paskibraka Kabupaten Karangasem. Total yang lolos di Kabupaten Karangasem 38 siswa. Hanya saja, jumlah itu masih menunggu hasil seleksi di Provinsi Bali, jika ada siswa yang gagal dalam seleksi di provinsi, nanti bergabung di Paskibraka Kabupaten.

Seleksi terakhir, tes kepribadian, di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem Jalan Veteran Amlapura, Jumat (14/4). Sebelumnya seleksi melibatkan 300 siswa,  yang mendaftar berasal dari 10 SMA negeri, 9 SMA swasta, 6 SMK negeri dan 7 SMK swasta. Tes parade, Kamis (6/4), seleksi wawasan kebangsaan, Sabtu (8/4), selanjutnya tes intelegensi umum Senin (10/4), berlanjut tes paraturan baris berbaris (PBB) Rabu (12/4), kesamaptaan Kamis (12/4) dan terakhir sekaligus pengumuman, tes kepribadian Jumat (14/4). *k16

Komentar