nusabali

Paskibraka Tabanan Disediakan Anggaran Rp 600 Juta

  • www.nusabali.com-paskibraka-tabanan-disediakan-anggaran-rp-600-juta
  • www.nusabali.com-paskibraka-tabanan-disediakan-anggaran-rp-600-juta

TABANAN, NusaBali - Persiapan 17 Agustus, sebanyak 75 Paskibraka (Pengibar Bendera Pusaka) di Kabupaten Tabanan mulai digembleng. Dinas Pendidikan Tabanan pun sudah menganggarkan dana senilai Rp 600 juta untuk Paskibraka di tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama menegaskan, persiapan 17 Agustus untuk Paskibraka sedang proses latihan. Rekrutmen sudah dilakukan mulai bulan Maret 2023 diawali dengan mencari calon Paskibraka di seluruh sekolah SMA/SMK di Tabanan. "Mereka yang terpilih menjadi Paskibraka ini melalui penilaian. Tiap sekolah tidak tentu berapa yang diterima," jelasnya, Rabu (26/8). 


Disebutkan ada 75 personel yang dilatih untuk Paskibraka di tahun 2023. Selama pelatihan mereka mendapat sejumlah fasilitas, mulai dari pakaian Paskibraka lengkap,  pakaian olahraga hingga menyediakan fasilitas menginap bagi Paskirabaka yang rumahnya jauh.

"Kalau yang dekat rumahnya dengan tempat latihan mereka pulang tidak menginap. Mereka juga dapat honor per hari. Namun maaf saya lupa nilai honornya saya tidak hafal data lengkap," kata Darma Utama. 

Dia menambahkan Paskibraka di tahun 2023 ini disediakan dana secara keseluruhan Rp 600 juta. Dana ini untuk anggaran Paskibraka mulai dari rekrutmen, membeli pakaian, hingga honor pelatih. "Para pengibar nanti mereka akan bertugas pada saat proses upacara penaikan dan pemurunan bendera. Dan mudah-mudahan lancar," sembari menyebutkan tahun 2023 tidak adanya kegiatan refresh ke luar kota," katanya. 7des

Komentar