nusabali

Ratusan Siswa Berebut Jadi Paskibraka

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-berebut-jadi-paskibraka

BANGLI, NusaBali - Tahapan seleksi calon Paskibraka Kabupaten Bangli telah dimulai. Ratusan siswa SMA/SMK di Bangli berebut mengikuti seleksi calon Paskibraka tahun 2024, serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Kepala Kesbapol Bangli I Made Kirmanjaya mengatakan  dalam seleksi calon Paskibraka ini dicari 60 siswa. Ada beberapa tahapan dalam proses seleksi ini. Kirmanjaya didampingi Kabid Idiologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama Kesbangpol Bangli, Ni Nengah Sukeni, menerangkan tahapan seleksi diawali dengan pengumuman pendaftaran. Lanjut, seleksi administrasi dan kesehatan, seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Berikutnya, seleksi Intelegensia Umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, PBB, kesemaptaan dan kepribadian. "Tahapan yang sudah dilaksanakan sudah sampai seleksi intelegensia umum," jelasnya, Senin (4/3).

Lanjutnya, proses pendaftaran dilakukan secara online. Siswa SMA/SMK di Bangli mendaftaran diri melalui link yang sudah ditetapkan. Kemudian, untuk siswa lulus seleksi administrasi sebanyak 146 orang. Siswa yang lulus seleksi administrasi berlanjut mengikuti seleksi materi Pancasila, wawasan kebangsaan dan seleksi intelegensia umum. 

Dari seleksi tersebut, siswa yang lulus 128 orang. "Tes  melalui aplikasi transparansi paskibraka (CAT) dengan sistem gugur.  Untuk di Kabupaten Bangli tes dilaksanakan di SMPN 3 Bangli melaui CAT dari pusat," ungkapnya. Sementara itu, dari jumlah perndaftar, tersedia kuota 60 orang 30 putri dan 30 putra. 

Kata Kirmanjaya,  anggaran Paskibraka Bangli tahun 2024 Rp 745 juta lebih. Diakui, anggaran tahun ini menurun dari tahun 2023. Anggaran tersebut mencakup proses rekrutmen, pakaian, honor, dan fasilitas lain.7esa

Komentar