nusabali

245 Siswa Gagal Masuk Paskibraka

  • www.nusabali.com-245-siswa-gagal-masuk-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Seleksi lanjutan Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Karangasem di Aula Sabha Widya Praja Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, Jalan veteran Amlapura, Rabu (12/4).

Dalam seleksi, 245 siswa gagal masuk pasukan bengengsi ini. 55 siswa dinyatakan lolos. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa menegaskan, nantinya tim seleksi akan merekrut 54 siswa, putra dan putri. "Sementara kami meloloskan 55 siswa, untuk tahapan seleksi berikutnya. Sedangkan mengenai berapa siswa akan kami direkrut untuk Paskibraka, 17 Agustus 2023, rencananya meloloskan 46 siswa untuk tingkat kabupaten dan 8 siswa atau 4 pasang ke Provinsi Bali," jelas I Wayan Sutapa.

Bisa saja, jelasnya, akan meloloskan semua siswa atau 55 siswa, masing-masing 26 putra dan 29 putri atau akan menggugurkan satu siswa. ‘’Ini tergantung hasil seleksi terakhir dan keputusan rapat tim,’’ ujarnya.

Sutapa memaparkan, seleksi awal berupa parade, Kamis (6/4), seleksi wawasan kebangsaan, Sabtu (8/4), selanjutnya tes intelegensi umum Senin (10/4), berlanjut tes paraturan baris berbaris (PBB) Rabu (12/4), kesamaptaan Kamis (13/4) dan terakhir sekaligus pengumuman, tes kepribadian Jumat (14/4).

Selama tahapan tes tersebut menggugurkan 245 siswa, dari 300 peserta yang mendaftar berasal dari 10 SMA negeri, 9 SMA swasta, 6 SMK negeri dan 7 SMK swasta. Tim seleksi di bawah koordinasi Letnan Satu Inf I Ketut Gedur, turut membantu sebagai anggota tim, Pelda Nyoman Sariadnya, Serma Gede Bagiarka Mahendra, Sertu Wayan Putu, dan I Ketut Catur Tirta. "Sementara lolos 55 siswa. Berapa yang akan lolos nanti tergantung hasil seleksi akhir yang menentukan," jelas Lettu Inf I Ketut Gedur.

Tahun 2202 lalu, tim menetapkan 46 siswa, masing-masing 25 putra dan 21 putri, sebagai anggota Paskibraka Karangasem, dan 4 pasang lolos ke Provinsi Bali. Bahkan saat seleksi di Provinsi Bali, mampu mencatat sejarah sepasang anggota Paskibraka Karangasem lolos ke Istana. Kedua siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Amlapura I Kadek Kemala Permana Putra dan siswi kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 1 SMKN Manggis Ni Ketut Pande Suastini.

Lettu Inf I Ketut Gedur berharap prestasi tahun lalu terulang kembali, agar Karangasem meloloskan peserta Paskibraka ke Istana Presiden. Apalagi secara fisik dan kemampuan sangat memungkinkan mengulangi prestasi itu lagi. Jelasnya, sejak awal seleksi melalui persyaratan ketat, dengan mengukur berat badan, tinggi badan untuk putra 167-180 cm dan putri 162-175 cm, setiap siswa wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter, biodata, kemudian berlanjut tes fisik lari keliling stadion panjang 400 meter selama 12 menit, push up, sit up dan back up.*k16

Komentar