nusabali

LPM Kuta Akan Gelar Kuta Sea Sand Land

  • www.nusabali.com-lpm-kuta-akan-gelar-kuta-sea-sand-land

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–72 Republik Indonesia, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, Badung akan menggelar event dengan tema Kuta Sea Sand Land. 

MANGUPURA, NusaBali
Even yang baru pertama kali digelar itu akan dilaksanakan pada 15 – 19 Agustus mendatang. Puncak acara pada 17 Agustus.

Ketua LPM Kelurahan Kuta Gusti Agung Made Agung menyatakan event ini merupakan karya generasi muda Kelurahan Kuta. Menurutnya Kuta Sea San Land berasaskan ajaran Tri Hita Karana yang diadopsi dalam bhineka tunggal ika. Ada tiga hal penting yang menjadi warna dalam event ini. Sea menggambarkan kekuatan bahari yang sejak dahulu menjadi kebanggaan Indonesia. Sand menggambarkan keragaman nusantara. Land menggambarkan Indonesia menjunjung tinggi persatuan yang menjadi akar bangsa.

“Kami didukung oleh Desa Adat Kuta. Dalam pelaksanaannya nanti kami banyak menggelar tarian khas Bali, juga kegiatan yang bernuansa heroik yang sering kita jumpai seperti panjat pinang dan lari karung. Dalam rancangan kami event ini akan menjadi kalender tahunan dan digelar setiap HUT kemerdekaan RI,” tutur Made Agung, Jumat (4/8).

Dijelaskannya, event yang berskala besar ini tak hanya mempertontonkan hiburan semata tetapi tujuan utamanya adalah untuk menggaet banyak wisatawan datang ke Kuta. Dirinya menargetkan 100 ribu kunjungan wisatawan selama lima hari gelaran acara tersebut. “Ini merupakan tanggung jawab sosial masyarakat Kuta untuk membangun pariwisata Kuta yang kuat dan mandiri. Karena sekarang high season kami menargetkan 20 ribu kunjungan setiap harinya. Pengunjung tak dikenakan biaya apapun,” ucapnya.

Bendesa Adat Kuta I Wayan Swarsa menyambut baik gelaran acara dimaksud. “Event ini merupakan embrio baru. Saya berharap agar ini bisa dikembangkan dan akan menjadi event tahunan. Desa Adat Kuta siap mendukung acara ini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah Kadisparda Kabupaten Badung I Made Badra mengapresiasi rencana pelaksanaan event tersebut. Menurutnya mengembangkan potensi pariwisata merupakan tanggung jawab bersama. “Pemerintah mendukung pelaksanaan event itu. Konsep pengembangan pariwisata kita adalah MICE and event. Dengan banyaknya pelaksanaan event saya yakin target kunjungan wisatawan ke Badung tahun ini akan tercapai. Target kunjungan wisatawan domestik kita adalah 8 juta, kini sudah memasuki angka 5 juta lebih. Sementara wisman targetnya 6 juta, kini sudah memasuki 3 juta lebih. Pemerintah akan support untuk melakukan banyak promosi ke luar negeri,” tutur Badra. *cr64

Komentar