nusabali

El Real Bertekad Raih Trofi ke-15

Real Madrid dan Dortmund Duel di Final UCL

  • www.nusabali.com-el-real-bertekad-raih-trofi-ke-15

Madrid sendiri sudah 14 kali juara kompetisi kasta tertinggi klub Eropa itu, dan terakhir juara pada 2022. Sedangkan Dortmund tiga kali lolos ke final, dengan juara pada 1997 dan runner-up pada 2013.

MADRID, NusaBali
Juara 14 kali Real Madrid akan menghadapi Borussia Dortmund, dalam final Liga Champions 2023/2024, di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6) dinihari WITA. Usai laga, penyerang Madrid Vinicius Junio bertekad merebut trofil Liga Champions ke-15 bagi timnya.

El Real ke final usai menang 2-1 atas Bayern Muenchen, pada laga leg kedua di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5) dinihari WITA. Kedua tim berlaga dengan agregat 2-2 pada leg pertama. Bayern memecah kebuntuan lebih dulu pada menit ke-68 lewat gol Alphonso Davies. Madrid membalikkan keadaan jelang akhir waktu normal.

Pemain pengganti, Joselu, mencetak brace pada menit ke-88 dan ke-90+1. Real Madrid pun menang agregat 4-3 dan mengunci tiket ke final Liga Champions. Laga lawan Dortmund menjadi final Liga Champions ke-18 bagi Real Madrid sepanjang sejarah. El Real sendiri sudah 14 kali juara kompetisi kasta tertinggi klub Eropa itu, dan terakhir juara pada 2022.

Dortmund ke final setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 2-0. Dortmund menang 1-0 pada leg pertama di Stadion Signal Iduna Park, Kami, 2 Mei lalu dan juga skor 1-0 pada leg kedua di Parc des Princes, Rabu, 8 Mei. Bagi Die Borussen, laga final kali ini yang ketiga kali, setelah juara pada 1997 dan runner-up pada 2013.

Penyerang Madrid, Vinicius Junior (24 tahun) menilai kemenangan atas Bayern berkat kepercayaan diri tim sepanjang laga. Pemain asal Brasil itu juga menegaskan siap jika harus bermain menyerang dan turun ke belakang di setiap pertandingan, jika hal itu adalah skema pelatih.

"Inilah Real Madrid, kami tak pernah menyerah. Kami selalu percaya pada diri dan kami tahu penggemar kami akan selalu mendukung kami. Hal itu terulang kembali dan kini kami akan menargetkan meraih Piala Eropa ke-15," kata Vinicius, di laman resmi klub.

Menurut Vinicius, dirinya harus bermain menyerang dan bertahan sudah hal lumrah dan berlaku bukan hanya untuk dirinya saja namun juga rekan setim seperti Jude Bellingham dan Rodrygo Goes.

Sedangkan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti memuji kerja keras timnya. Bahkan pelatih asal Italia menyebutkan, skuadnya saat ini adalah tim terbaik yang pernah dilatih dalam kariernya.

"Tidak bisa dipercaya. Saya sangat bersyukur terhadap mereka karena telah bekerja keras, saya rasa ini skuat terbaik yang pernah saya latih dalam karier saya,"kata eks pemain AC Milan itu.

Ancelotti memuji mental para pemain yang mampu bangkit dan terus bekerja keras meski sempat kebobolan lebih dulu. Ancelotti membuat pergantian brilian saat memasukkan Joselu yang mencetak dua gol di akhir waktu normal untuk membalikkan keadaan. 

"Joselu melakukan tugas yang fantastis. Dia penyerang hebat. Kami bermain bagus dan mempunyai banyak energi di akhir pertandingan," ujar Don Carlo, julukan Ancelotti.

Sedangkan Joselu Mato gembira dengan kontribusinya bagi El Real dengan menjadi pahlawan yang membawa tim ke final Liga Champions. 

Penyerang timnas Spanyol itu mengatakan, kehadirannya berseragam El Real untuk memberikan kontribusi dan enggan memikirkan berapa jumlah gol yang telah didapatkan di musim ini.

Joselu yang pada awal musim dipinjam Real Madrid dari RCD Espanyol itu masih enggan membahas masa depannya karena ingin fokus pada final Liga Champions. Dia ingin dalam kondisi 100 persen dalam beberapa minggu ini. *

Komentar