nusabali

Tiba di Prancis, Struick Tetap Optimistis

PSSI Berjuang Panggil Elkan Baggot dan Justin Hubner

  • www.nusabali.com-tiba-di-prancis-struick-tetap-optimistis

Justin Hubner dan Elkan Baggott mau. Jadi kalau semua pemain bisa bergabung ke Paris, ini kekuatan penuh pertama Timnas U-23 selama ini. Kita lihat kemungkinan-kemungkinan itu.

PARIS, NusaBali
Tim nasional Indonesia U-23 tiba di ibu kota Prancis, Paris, untuk memainkan laga playoff melawan Guinea demi memperebutkan tiket Olimpiade 2024. Kedatangan Garuda Muda di Paris diunggah akun instagram Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris pada Senin (6/5) pagi WITA. Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar turut menjemput pasukan asuhan Shin Tae-yong tersebut. 

Penyerang Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick bangga dengan pencapaian timnya di Piala Asia U-23 2024. Meski dia mengakui Garuda Muda seharusnya tampil lebih baik dalam laga perebutan tempat ketiga, usai kalah 1-2 dari Irak pada. 

"Bangga dengan tim ini, tapi kemarin memang tidak terlalu baik," kata Rafael Struick melalui Instagram.

Saat Indonesia akan menghadapi Guinea dalam laga play-off, Rafael Sturick tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Menurutnya, masih punya satu lagi kesempatan, peluang belum berakhir. 

Sementara itu, Ketua Umum PSS Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia U-23 sudah berlatih di Prancis demi persiapan menghadapi laga play off melawan Guinea.

Dalam pernyataannya di Jakarta, Senin, Erick menjelaskan para pemain memang langsung berangkat ke Prancis setelah mengarungi Piala Asia tanpa pulang dulu ke tanah air.

"Saya tanya mereka (para pemain) masih ingin bermain nggak? Mereka menjawab masih. Salah satunya saya bilang, tidak mungkin kita pulang (ke Indonesia) terus pergi lagi ke Prancis. Jika pulang dulu akan membuat stamina drop, apalagi banyak pemain yang masih cedera. Belum lagi cuaca di Prancis 11 derajat celsius yang jauh dibanding Qatar yang 22 sampai 33. Karena itu, saya menawarkan mereka langsung berangkat dan mereka mau," kata Erick.

Menurut Erick, keberangkatan timnas langsung ke Prancis diperlukan untuk adaptasi guna melakukan persiapan optimal demi mewujudkan mimpi bermain di Olimpiade Paris 2023. Erick mengatakan, peluang Garuda Muda tampil di Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka.

Karena itu, untuk menambah kekuatan, Erick Thohir terus melobi Ipswich Town  agar Elkan Baggott dilepas ke Timnas U-23 untuk babak play-off Olimpiade Paris 2024. Erick merasa Elkan Baggott seharusnya bergabung, karena masa peminjamannya telah habis di Bristol Rovers. Selain Elkan Baggott, Erick Thohir juga bersurat ke klub Jepang, Cerezo Osaka, agar bersedia merelakan Justin Hubner ke Timnas U-23, namun masih menunggu jawaban.

"Justin Hubner dan Elkan Baggott mau. Jadi kalau semua pemain bisa bergabung ke Paris, ini kekuatan penuh pertama Timnas U-23 selama ini. Kita lihat kemungkinan-kemungkinan itu," ucap Erick Thohir.

Indonesia akan playoff lawan Guinea di Clairefontaine, Kamis (9/5) waktu setempat. Sesuai pedoman FIFA dan alasan keamanan, maka laga tersebut akan berlangsung tertutup. 

Indonesia memainkan laga playoff karena finis di posisi keempat pada Piala Asia U-23 2024. Guinea juga di peringkat keempat dalam Piala Afrika U-23 2024. Pemenang Indonesia vs Guinea lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan menghuni Grup A bersama tuan rumah Prancis, AS, dan Selandia Baru. ant

Komentar