nusabali

Ernando Ingin Timnas U-23 Juara

  • www.nusabali.com-ernando-ingin-timnas-u-23-juara

DOHA, NusaBali - Kiper timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi (22 tahun) ingin laju Garuda Muda yang tembus semifinal Piala Asia U-23 di Qatar berakhir dengan gelar juara.

Di pesta sepak bola antar tim pesepak bola muda dua tahunan ini, Indonesia menjadi tim debutan yang menorehkan sejarah dengan lolos ke semifinal untuk pertama kali. Sebelumnya Indonesia ke babak perempatfinal sebagai runner up Grup A di bawah Qatar.

Satu kemenangan lagi membawa Indonesia berlaga di Olimpiade Paris 2024, mengulangi catatan Garuda Muda 68 tahun lalu saat tampil di Olimpiade Melbourne 1956. Namun, Ernando kembali jadi aktor kemenangan Indonesia di Piala Asia U-23 membidik target lebih tinggi.

"Kami harus melanjutkan perjalanan kami dan ini bukanlah akhir. Kami ingin menjadi juara," kata kiper Persebaya itu, di laman resmi AFC, Jumat (26/4).

Ernando menepis tendangan penalti pemain Australia Mohamed Toure pada laga kedua. Dia kembali menunjukkan kualitas dengan menepis dua penalti pemain Korea Selatan, Kang Sang-yun dan Lee Kang-hee. Dia jugajadi eksekutor penalti dengan baik pada perempat final Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat dinihari WITA.

Penampilan cantik Ernando membawa Indonesia menyingkirkan juara edisi 2020 Korea Selatan yang mengincar penampilan kesepuluhnya di Olimpiade sejak 1984, dengan skor 11-10 pada babak adu penalti setelah imbang 2-2 selama 120 menit.

Kiper Persebaya Surabaya itu mengungkap bahwa ketenangan timnya pada babak adu tos-tosan adalah berkat "saling percaya dalam hal adu penalti".

Dia sendiri yang menepis dua tendangan dan menjadi algojo penalti juga mengaku sudah berlatih berkali-kali apabila dibutuhkan pada babak paling menegangkan ini.

"Saya sudah latihan dan saat giliran saya, saya hanya fokus (mencapai) target," kata Ernando. ant

Komentar