nusabali

SMKN 1 Bangli Buka Jurusan Perhotelan

  • www.nusabali.com-smkn-1-bangli-buka-jurusan-perhotelan

BANGLI, NusaBali - SMKN 1 Bangli telah memiliki 5 jurusan/keahlian. Tahun ajaran baru 2024, SMKN 1 Bangli akan membuka jurusan baru yakni Perhotelan. Jurusana baru ini untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMKN 1 Bangli, I Nyoman Susila, Senin (22/4). Ada beberapa pertimbangan dibukanya jurusan Perhotelan, yakni melihat kebutuhan dunia usaha dan dunia industri khusus pariwisata. Selain itu Bali basis pariwisata. 

"Saran dari kementerian agar lebih banyak dibuka jurusan berkaitan dengan pariwisata. Selain itu minat terhadap jurusan pariwisata terbilang tinggi," jelasnya. 

Untuk di Bangli sebagian besar SMKN memiliki jurusan dibidang pariwisata, untuk SMKN 1 Bangli fokus di perhotelan. 

Menurut Nyoman Susila, untuk membuka jurusam baru sudah melalui analisa dan kajian. Selain itu, perlu rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Bali. "Kami berproses dari November 2023 kemarin, sekitar seminggu lalu keluar ijinnya," ucapnya. 

Selama ini SMKN 1 Bangli memiliki jurusan yang berkonsentrasi pada bisnis dan TI. Adapun jurusan yang dimiliki Akutansi dan Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran, Bisnis Digital, Desain dan Komunikasi Visual serta Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. 

Kepala sekolah asal Kecamatan Tembuku ini menyampaikan jika untuk membuka jurusan baru tentu perlu didukung sarana prasarana dan SDM. Untuk ruang kelas sudah tersedia. Kemudian untuk fasilitas lainnya sedang proses. Sementara itu untuk SDM sudah tersedia diakui masih kurang. Namun direncana akan dilakukan rekrutmen. 

Pihak sekolah juga melakukan penjajakan dengan dunia usaha dan dunia industri untuk mendukung jurusan atau kompetensi baru yang dimiliki SMKN 1 Bangli. 

Pada tahun ajaran baru nanti, SMKN 1 Bangli rencana membuku 1 kelas perhotelan dengan jumlah siswa 36 orang. "Kami akan sosialisasikan ke SMP bahwa kami memiliki jurusan perhotelan," kata Nyoman Susila.

Ditambahkan, dengan dibukannya jurusan baru ini pihaknya yakin bisa melayani kebutuhan di masyarakat.7esa

Komentar