nusabali

Juara Umum Ketiga Kali Berturut-turut

SMPN 4 Singaraja Boyong Piala Tetap Lomba Akademik Disdikpora Bali

  • www.nusabali.com-juara-umum-ketiga-kali-berturut-turut

SINGARAJA, NusaBali - SMPN 4 Singaraja kembali keluar sebagai juara umum dalam Lomba Akademik Tingkat Provinsi yang diselenggarakan SMAN 1 Gianyar pada 7-8 April 2024. Juara Umum ketiga kalinya ini membuat SMPN 4 Singaraja berhak atas piala tetap Disdikpora Provinsi Bali.

Dari seluruh bidang lomba MADCOS SMAN 1 Gianyar, perwakilan siswa SMPN 4 Singaraja mengumpulkan 7 juara. Yakni Juara I di bidang Matematika dan Informatika, Juara 2 Speech Contest, Juara 3 Informatika, Juara 3 IPA, Juara Harapan 1 IPS dan juga Speech Contest. 

Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana dihubungi Senin (8/4) kemarin menjelaskan, keberhasilan siswanya meraih prestasi pamuncak bidang akademik tingkat provinsi bukan kali pertama. Prestasi gemilang anak didik SMPN 4 Singaraja merupakan hasil dari sebuah proses pembentukan karakter dan pembinaan prestasi yang dilakukan selama ini. Hal membanggakan ini disebutnya membuktikan SMPN 4 Singaraja berhasil mempertahankan eksistensi dalam semangat berkompetisi. 

“Pembinaan prestasi melalui Kelompok Siswa Penggemar (KSP) dilakukan setiap hari. Kami memberikan ruang anak didik dimana mereka nyaman untuk berprestasi. Setiap anak yang dikirim untuk lomba tidak pernah ditarget juara, tetapi membiasakan mereka berkompetisi menyiapkan diri bersaing di dunia global,” terang Budiastana. 

Setelah dibina dengan rutin mereka kemudian diberikan kesempatan untuk mengikuti kompetisi di setiap ajang. Keberhasilan anak didik di bidang akademik menurutnya tidak hanya hasil pembinaan guru di sekolah. Tetapi juga motivasi dari dalam diri anak yang bersangkutan serta dukungan penuh orang tua siswa. “Kedepannya tentu kami terus berkolaborasi dengan orang tua siswa untuk bersama mendidik dan membina anak-anak kami,” imbuh dia. 

Sementara itu, Reyhan Jonathan Sartono yang meraih Juara I bidang lomba Informatika, mengaku sangat senang bisa meraih juara dalam ajang dengan persaingan sangat ketat. Meski demikian, Reyhan mengaku tidak mengalami kendala berarti dalam perlombaan, meskipun dia mengakui lawan terberatnya adalah dari SMPN 1 Gianyar. 

“Persaingan cukup ketat karena didominasi oleh SMPN 1 Gianyar. Tetapi kami sudah mempersiapkan diri dengan matang bersama guru pembina. Kami tidak dituntut satu materi, tetapi bagaimana kami bisa memahami materi yang diberikan sehingga tidak mengalami stres,” papar Reyhan. 

Dengan keberhasilan menyabet juara, Reyhan berharap dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya dan bisa menjadi bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.7 k23 

Nama-nama Siswa Peraih Juara
1. Juara 1 Matematika (Agung Artha Derooney Rusas)
2. Juara 1 Informatika (Reyhan Jonathan Sartono)
3. Juara 2 Speech Contest (Gst Bgs Cesa Udayana)
4. Juara 3 Informatika (Kd Anindita Dyas Sasikirana)
5. Juara 3 IPA (Pt Kaesa Prabandari)
6. Juara Harapan 1 IPS (Prisha Priscilia Putri)
7. Juara Harapan 1 Speech Contest (Pt Indira Puspha Amararatna)

Komentar