nusabali

Gelar Lomba Bahasa Inggris, Bahasa Bali hingga Ngelawar

Rangkaian HUT ke-47 SMPN 9 Denpasar

  • www.nusabali.com-gelar-lomba-bahasa-inggris-bahasa-bali-hingga-ngelawar

DENPASAR, NusaBali - SMPN 9 Denpasar menggelar lomba akademik dan non akademik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Denpasar, di Gedung Spensya, Jalan Bypass Ngurah Rai Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Sabtu (23/3). Lomba dalam rangkaian HUT ke-47 Spensya ini sebagai wadah untuk memperkenalkan informasi seputar sekolah ini menjelang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Kepala Sekolah (Kepsek) Spensya, Ni Wayan Raiyani mengatakan dalam rangkaian HUT ke 47 Spensya menggelar serangkaian lomba akademik dan non-akademik yang melibatkan siswa-siswi SD se-Kota Denpasar dengan peserta mencapai 145 orang. Mereka berkompetisi dalam berbagai bidang, mulai dari Matematika, IPA, IPS, TIK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, hingga Bahasa Bali. “Di luar itu bahkan ada lomba ngelawar, lomba membuat sayur urab, dance sport, E-sport, dan lainnya,” ujar Raiyani.

“Ini HUT kedua yang kami rayakan pasca pandemi Covid-19, yang pertama tahun lalu 2023 setelah pandemi, jadi agak lebih meriah atau ramai dari yang sebelumnya. Kita ada melibatkan anak-anak SD, ada lomba akademik dan non akademik,” imbuh perempuan yang juga Ketua PGRI di Denpasar Selatan ini.

Raiyani juga menyampaikan, tujuan utama dari rangkaian kegiatan ini untuk memposisikan diri kepada masyarakat dan membranding sekolah agar lebih dapat dikenal. “Kami ingin memposisikan sekolah kami dalam peta pendidikan di Kota Denpasar. Kami ingin menjadi tempat yang memprioritaskan prestasi akademik, non-akademik, dan seni, agar masyarakat tahu kualitas sekolah kami,” beber Raiyani.

Sementara Ketua Panitia HUT Spensya, I Komang Agus Ugrasena menjelaskan selain lomba akademik, ada pula beragam lomba non-akademik yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka. Mulai dari permainan tradisional seperti gala-gala, karung racing, hingga lomba melukis mural dan tarian. “Kami juga ingin memberikan wadah bagi siswa-siswi untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka di luar kegiatan akademik. Melalui lomba ini, kami berharap dapat menciptakan suasana yang mendukung pertumbuhan holistik siswa-siswi,” ujar Ugrasena.

Rangkaian HUT Spensya dimulai dari 23 Maret sampai puncaknya 28 Maret mendatang. Spensya juga mengadakan berbagai kegiatan sosial, termasuk pemberian donasi kepada salah satu panti jompo di Kota Denpasar pada Selasa (26/3) nanti. 

Hal ini sebagai wujud kepedulian sekolah terhadap masyarakat sekitar dan sebagai bagian dari pembelajaran bagi siswa-siswi tentang pentingnya berbagi kepada sesama. Perayaan ulang tahun yang meriah ini juga diikuti dengan pameran di DTIK Fest di Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar yang menampilkan perwakilan salah stand dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Denpasar bersama SMP Sapta Andika. N cr79

Komentar