nusabali

Rinov/Pitha dan Bagas/Fikri Diyakini Lolos ke Olimpiade

  • www.nusabali.com-rinovpitha-dan-bagasfikri-diyakini-lolos-ke-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja masih cukup meyakini, bahwa ganda campuran Rinov Rivady/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mampu lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Kepercayaan itu muncul setelah Rinov/Pitha meraih gelar juara Spain Masters 2024, dan Bagas/Fikri yang keluar sebagai runner-up Swiss Open 2024. Kedua pasangan itu kini bersiap ke turnamen pengumpulan poin Olimpiade terakhir, yakni Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024, di China, 9-14 April.

“Karena juara, Rinov/Pitha bisa meninggalkan lawan terdekat (di Race to Olympic), yaitu pasangan Singapura. Kini masih terbuka (peluang) untuk (ganda) campuran,” kata Ricky, di Jakarta, Selasa (2/4).

Sedangkan untuk Bagas/Fikri, kata Ricky, yang agak lumayan untuk mengejar. Karena mereka harus masuk delapan besar (Race to Olympic) supaya ada dua (perwakilan dari satu negara).

Pada pekan ini, Bagas/Fikri di peringkat sembilan Race to Olympic, dengan selisih 2.279 poin dari pesaing terdekatnya, Liu Yuchen/Ou Xuanyi (China) di posisi delapan.

Sedangkan Rinov/Pitha di peringkat 15 dan menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang berpeluang lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Untuk BaKri, harus semifinal. Tapi, kita harus melihat dua pasangan dari Taiwan (Lee Yang/Wang Chi Lin) dan China, yang bersaing juga, karena (poinnya) tidak jauh),” kata Ricky.

“Sama, Rinov/Pitha juga. Karena terakhir sudah juara (jadi harus dipertahankan performanya),” ujar peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu.

Sejauh ini, bulutangkis Indonesia memastikan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos dan berlaga di panggung olahraga terbesar sedunia itu.ant

Komentar