nusabali

Putu Adesta Berharap Atlet Judo Lolos Olimpiade

  • www.nusabali.com-putu-adesta-berharap-atlet-judo-lolos-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Pelatih judo Putu Wiradamungga Adesta berharap pejudo Indonesia ada yang lolos Olimpiade 2024 Paris. Karena itu, beberapa pejudo diikutsertakan mengikuti sejumlah kejuaraan di luar negeri agar mendapatkan poin Olimpiade. Salah satunya, Asian Championship pada 20-23 April 2024 di Hongkong.

"Peluang atlet kita ke Olimpiade ada. Kami akan berburu dengan negara lain. Salah satunya melalui Kejuaraan Asia. Lantaran di sana merupakan salah satu ajang untuk mengumpulkan poin ke Olimpiade," ujar Adesta, Rabu (3/4).

Sebelum mengikuti Asian Championship, kata Adesta, pejudo Indonesia seperti Gede Agastya Dharma Wardhana (Agas) dan Maryam March Maharani (Rani) mengikuti empat kali kejuaraan. Bahkan, Rani meraih prestasi bagus di Eropa Open di Warsawa, Polandia, Februari lalu, denganmemperoleh medali perunggu. 

"Itu prestasi sangat bagus, karena dia mampu mendapatkan medali di ajang kejuaraan tingkat Eropa. Ini jarang sekali didapatkan pejudo," kata Adesta. 

Sayang saat berlaga di Grand Slam Tbilisi, Georgia pada 22-24 Maret 2024, Rani hanya sampai babak pertama. Begitu pula dengan pejudo asal Bali, Agastya. Meski begitu, Adesta tidak terlalu kecewa dengan hasil tersebut. 
Pasalnya, mereka sudah berusaha tampil maksimal. Kini, mereka membidik Asian Championship. Di sana, keduanya diharapkan mendapat hasil lebih bagus lagi. Minimal, kata Adesta, bisa masuk delapan besar agar kans mereka lolos ke Olimpiade semakin besar.

Dengan begitu, mereka bisa memperpanjang langkah mereka saat berlaga nanti. Sebab, bila hanya sampai babak pertama saja akan langsung gugur.

Berbeda jika mereka tembus delapan besar. Mereka punya peluang untuk main di babak repechange dan bisa mendapatkan medali. "Mudah-mudahan, mereka mendapatkan hasil bagus di sana sehingga bisa memperoleh poin lebih banyak lagi untuk lolos ke Olimpiade," kata Putu Adesta. k22

Komentar