nusabali

49 Perwira Kodam IX/Udayana Naik Pangkat

  • www.nusabali.com-49-perwira-kodam-ixudayana-naik-pangkat

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 49 perwira di Kodam IX/Udayana naik pangkat satu tingkat lebih tinggi. Puluhan perwira itu resmi naik pangkat setelah mengikuti upacara laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Periode 1 April 2024 yang digelar di Aula Supardi Makodam, Jalan Udayana Nomor 1 Denpasar dipimpin Kasdam Brigjen TNI Sachono, pada Senin (1/4).

Puluhan perwira dimaksud terdiri dari Perwira Menengah (Pamen) sebanyak 23 orang dengan rincian pangkat Letkol ke Kolonel 3 orang dan Mayor ke Letkol 20 orang. Sisanya 26 orang adalah Perwira Pertama (Pama) pangkat Kapten naik Mayor.

Pangdam IX/Udayana dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam, menegaskan kenaikan pangkat bukan peristiwa biasa yang hanya dikaitkan dengan hak-hak prajurit saja. Kenaikan pangkat merupakan pengakuan, kepercayaan dan penghargaan yang diberikan oleh negara atas dedikasi, loyalitas dan prestasi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Pangdam menekankan, Pamen harus memiliki kemampuan managerial yang merupakan keterampilan dasar dalam menduduki jabatan. Selain itu, juga harus mampu berinovasi dan berkreativitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas karena itu merupakan tantangan di era digitalisasi sekarang ini.

“Pangkat dan jabatan merupakan suatu amanah serta anugerah yang patut disyukuri dan setiap saat akan dimintai pertanggungjawabannya. Oleh karena itu, laksanakan amanah ini dengan baik, kerahkan segenap kemampuan yang dimiliki agar dapat mempersembahkan kinerja yang maksimal selaras dengan pangkat dan jabatan yang disandang,” tegas Pangdam.

Menariknya Pangdam tak hanya mengingatkan hal-hal teknis, tetapi juga meminta para perwira untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima dengan cara meningkatkan kemampuan kesemaptaan jasmani. “Kondisi tubuh yang prima sangat dibutuhkan dalam mendukung kemampuan dan profesionalitas sebagai seorang prajurit,” ujar Pangdam.

“Selain itu harus saling mendukung. Dukung terus para suami/istri dan jalin keharmonisan rumah tangga dengan baik sehingga bisa menjadi spirit nyata dalam bekerja untuk meraih kesuksesan,” lanjut Pangdam. 7 pol

Komentar