nusabali

Hujan, Pasar Murah Pindah Tempat

  • www.nusabali.com-hujan-pasar-murah-pindah-tempat

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar pasar murah di wilayah Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Senin (1/4) pagi. Akibat hujan deras, pasar murah yang awalnya digelar di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe pindah ke Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. Warga tetap antusias datang untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan, pasar murah untuk membantu masyarakat mandapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah. Menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri dengan melibatkan pelaku UMKM di Klungkung. Terjadi penurunan indeks perkembangan harga di Klungkung pada minggu keempat bulan Maret dari 3,94 persen menjadi 1,93 persen. Hal ini menunjukan kebutuhan pokok di Klungkung terpenuhi.

Pengunjung pasar murah, Ni Made Sulatri, mengaku mendapatkan harga lebih murah dari harga di pasaran. “Harga beras SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) berat 5 kg dijual Rp 52 ribu, sekitar Rp10.400 per kg. Kalau beli di pasar yang medium Rp 16 ribu per kg,” ungkap Sulatri. 

Pantauan di lapangan, 1,5 ton beras SPHP dari Bulog habis dalam kurun waktu 2 jam atau dari pukul 09.00 Wita hingga 11.00 Wita. Minyak goreng dan gula pasir juga diserbu pembeli. Pasar murah juga menjual berbagai produk olahan UMKM di Klungkung seperti tape, telur asin, cendol, dan lainnya. 7 wan

Komentar