nusabali

Sambut Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Rp 1,15 Triliun untuk Bali dan Nusa Tenggara

  • www.nusabali.com-sambut-idul-fitri-bank-mandiri-siapkan-rp-115-triliun-untuk-bali-dan-nusa-tenggara

DENPASAR, NusaBali.com - Bank Mandiri menyiapkan uang tunai senilai Rp 1,15 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat di Bali dan Nusa Tenggara selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Jumlah ini meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya.

Regional CEO Bank Mandiri Region XI Wilayah Bali & Nusa Tenggara, Winardi Legowo, mengatakan langkah ini untuk membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode tersebut, terutama saat pembayaran gaji dan THR ASN.

"Sebagian besar alokasi uang tunai ini digunakan untuk mengisi ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 1,7 triliun per hari secara nasional," kata Winardi saat berbuka puasa dengan media di Denpasar, Rabu (27/3/2024).

Selain ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel pembayaran online, seperti mesin EDC dan aplikasi Livin' by Mandiri.

"Kapasitas Livin' by Mandiri akan dioptimalkan untuk memberikan layanan prima, termasuk layanan BI Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana," jelas Winardi.

Dia menambahkan, Bank Mandiri juga akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI Fast.

Sebagai langkah preventif, Bank Mandiri akan melakukan maintenance pada 10.235 ATM dan 246.000 EDC di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis.

Nasabah juga diimbau untuk menggunakan Livin' by Mandiri yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan, top up e-money, dan pembayaran dengan QRIS.

"Fitur top up Mandiri e-money di Livin' by Mandiri akan memudahkan nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol," kata Winardi.

Bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu e-money, Bank Mandiri menyediakan stok hingga 975.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin' by Mandiri, toko retail, outlet resmi di e-commerce, dan vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Bank Mandiri juga memastikan kesiapan jaringan IT untuk mengantisipasi kenaikan transaksi dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

"Selama Ramadan, Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus untuk nasabah. Akses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2024," kata Winardi.

Alokasi uang tunai Bank Mandiri di Bali dan Nusa Tenggara ini mulai disiapkan pada 26 Maret hingga 16 April 2024. Uang tunai tersebut akan mengisi 523 ATM Bank Mandiri di Bali, NTB, dan NTT.

Winardi menambahkan, Bank Mandiri hanya membuka layanan penukaran mata uang asing (money changer) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, selama periode libur Lebaran.

Kantor cabang Bank Mandiri tidak akan beroperasi secara terbatas selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Secara nasional, Bank Mandiri mengalokasikan total Rp 32,3 triliun atau naik 10,5% dibandingkan tahun sebelumnya untuk persediaan uang tunai di ATM.

Komentar