nusabali

Prudential Indonesia Catat Kinerja Solid di Tahun 2023, Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

  • www.nusabali.com-prudential-indonesia-catat-kinerja-solid-di-tahun-2023-pertahankan-kepemimpinan-di-industri-asuransi-jiwa

JAKARTA, NusaBali.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mengumumkan pencapaian gemilang di tahun 2023 dengan mencatatkan pertumbuhan double digit dan mempertahankan kepemimpinan di industri asuransi jiwa di Indonesia.

Secara gabungan, Prudential mencatatkan pertumbuhan 15% berdasarkan nilai premi baru yang disetahunkan (annualized premium equivalent/APE) dan membukukan total pendapatan premi dan kontribusi sebesar Rp22 triliun. Prudential Indonesia sendiri menorehkan pertumbuhan 22% dari lini bisnis konvensional, dengan total pendapatan premi mencapai Rp19 triliun.

 “Kami berterima kasih atas kepercayaan para nasabah, tenaga pemasar, dan seluruh pihak sehingga kinerja  Prudential Indonesia tetap solid selama 2023, sekaligus mempertahankan kepemimpinan kami di industri asuransi jiwa di Indonesia,” ujar Tony Benitez, Presiden Direktur Prudential Indonesia, Kamis (25/4/2024). 

Performa yang solid di 2023 semakin memperkuat optimisme untuk dapat terus meningkatkan kinerja positif perusahaan secara berkelanjutan, agar dapat menghadirkan perlindungan optimal sesuai kebutuhan, tujuan keuangan, dan profil risiko nasabah. “Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus menjadi  mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti,” tegas Tony Benitez.

Komitmen Prudential dalam melindungi nasabah dibuktikan dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari. Kesehatan perusahaan juga terjaga dengan Tingkat Solvabilitas (RBC) Prudential Indonesia sebesar 470%.

Prudential Syariah mencatatkan kontribusi bruto sebesar Rp3,2 triliun, naik 38% dibandingkan tahun 2022. Aset perusahaan mencapai Rp6,7 triliun, termasuk aset kelolaan investasi sebesar Rp5,5 triliun.

Prudential Syariah telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp2,2 triliun, termasuk klaim tabarru’ sebesar Rp1,3 triliun. Tingkat Solvabilitas Prudential Syariah mencapai 3.806% untuk Dana Perusahaan dan 180% untuk Dana Tabarru’.

 “Sepanjang 2023, kami berhasil mempertahankan kepemimpinan kami di industri asuransi jiwa syariah di Indonesia. Hal ini menjadi bukti dari komitmen kami dalam menyediakan kebutuhan proteksi yang komprehensif sesuai dengan prinsip syariah kepada keluarga Indonesia. Kami akan terus berfokus untuk meningkatkan jumlah peserta khususnya terhadap segmen muslim,” kata Iskandar Ezzahuddin, Presiden Direktur Prudential Syariah.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus berinovasi dengan menawarkan ragam produk tradisional, termasuk PRULink Next Gen dan PRULink Next Gen Syariah.

Kedua perusahaan juga fokus meningkatkan profesionalisme tenaga pemasar, dengan pelatihan mencapai lebih dari 9.700 jam dan menghasilkan 1.153 tenaga pemasar yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia.

Prudential menjalin kerjasama dengan 306 rumah sakit PRUPriority Hospitals untuk memberikan layanan klaim non-tunai dan meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Program literasi keuangan juga terus digalakkan, menjangkau lebih dari 16 juta orang termasuk perempuan, remaja, dan anak-anak.

Prudential Syariah bekerja sama dengan Fatayat NU dan organisasi Islam lainnya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan edukasi kesehatan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi dengan berbagai inovasi yang dilakukan agar semakin banyak masyarakat dapat terlindungi dari risiko kesehatan, jiwa dan finansial,” ujar Tony Benitez.

“Kami terus berupaya memberikan dampak positif untuk masyarakat terkait keuangan syariah,” tambah Iskandar Ezzahuddin.

Komentar