nusabali

KONI Buleleng Kumpulkan Atlet PON

  • www.nusabali.com-koni-buleleng-kumpulkan-atlet-pon

SINGARAJA, NusaBali - Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bali menyambangi puluhan atlet, pelatih dan wasit Buleleng yang lolos ke PON XXI/2024 pada Sabtu (23/3). Sebanyak 78 atlet, pelatih dan wasit asal Buleleng yang akan memperkuat kontingen Bali diberikan motivasi. Jargon KONI Buleleng saat Porprov 2019 yakni raih medali bukan melali, ditanamkan kembali sebagai motivasi diri.

Koordinator Bidang Binpres KONI Bali Nengah Sudiarta mengatakan dalam kegiatan monitoring tersebut, pihaknya ingin memastikan persiapan seluruh atlet, pelatih dan wasit di Buleleng yang lolos PON di Aceh dan Sumatera Utara pada September ini. Terutama dari segi latihan sentralisasi yang dijadwalkan di masing-masing cabor. 

"Latihan saat sentralisasi ini kami lihat apakah sudah berjalan sesuai jadwal atau mungkin malah ada kendala. Kami juga memberikan motivasi dan gemakan kembali jargon Buleleng raih medali bukan melali. Lalu harapan kita semua bisa meraih medali emas," ungkap Nengah Sudiarta.

Dalam persiapan PON 2024, KONI Bali memutuskan tidak akan melakukan pengurangan jumlah atlet yang lolos PON. Tidak hanya yang menduduki posisi teratas, tetapi juga termasuk juru kunci di posisi terakhir saat seleksi. Hal itu dipertimbangkan karena perjuangan dan pengorbanan yang dilalui cabor, atlet dan pelatih sangat besar.

"Perjuangan mereka dalam babak kualifikasi PON sangat besar. Tidak hanya dari tenaga, fisik dan mental, tetapi juga material. Pada BK PON 2019 kita dibantu Rp 13 miliar untuk 34 cabor. Sedangkan BK PON sekarang dengan 63 cabor hanya dibantu Rp 4,5 miliar. Sisanya ya dari Pengurus Provinsi (Pengprov) masing cabor. Sehingga kami hargai itu," kata Sudiarta lagi. 

Sementara itu, Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengatakan dalam persiapan PON 2024, 66 atlet, 10 pelatih dan dua wasit Buleleng yang lolos terus mengupayakan yang terbaik. Monitoring dan motivasi dari Binpres KONI Bali diharapkan Wiratmaja dapat melecut semangat dan perjuangan untuk pembuktian diri masing-masing atlet dan pelatih. 

"Secara bertahap Buleleng berbangga karena dari PON ke PON bisa menyempurnakan perolehan medali dan meningkatkan jumlah partisipasi mewarnai kontingen Bali. Mereka akan terus digembleng dan dipantau dalam latihan," kata Ketut Wiratmaja.dar

Komentar