nusabali

BI Bali Layani Penukaran Uang Lebaran, Siapkan Rp 3,27 Triliun

  • www.nusabali.com-bi-bali-layani-penukaran-uang-lebaran-siapkan-rp-327-triliun

DENPASAR, NusaBali.com - Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali menggelar layanan penukaran uang pecahan atau uang layak edar di Pasar Badung, Senin (25/3/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Serambi (Semarak Ramadan dan Idul Fitri Bank Indonesia) 2024.

Kepala Seksi Unit Implementasi Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali, Kelik Asmoro, mengatakan program Serambi sudah mulai dilaksanakan secara nasional pada 15 Maret 2024, sedangkan di Bali baru dimulai pada 19 Maret 2024.

"Tujuannya untuk membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan kecil dan layak edar menjelang Ramadan dan Idul Fitri," kata Kelik.

Kepala Seksi Unit Implementasi Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali, Kelik Asmoro.

BI menyediakan Rp 3,27 triliun untuk program Serambi  di Bali tahun ini. Anggaran ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan didistribusikan ke beberapa bank.

"Masyarakat bisa menukar uang di layanan keliling BI atau di bank-bank yang bekerja sama," jelas Kelik.

Setelah Pasar Badung, layanan keliling BI akan menyambangi beberapa tempat di Bali, seperti Pantai Kuta, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Terminal  Mengwi, dan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung).

Masyarakat yang ingin menukar uang di layanan keliling BI harus mendaftar terlebih dahulu melalui website pintar.bi.co.id.

"Setiap orang bisa menukar uang maksimal Rp 4 juta dengan pecahan Rp 50.000 hingga Rp 1.000," kata Kelik.

Penukar uang di Pasar Badung Denpasar.

Layanan penukaran uang di Pasar Badung disambut antusias oleh masyarakat. Muhamad Yusuf (21) dan Agus (35) mengaku memanfaatkan layanan ini untuk keperluan mudik ke Jawa Timur.

"Kami tukar uang pecahan ini untuk keperluan liburan dan bagi-bagi hadiah ke keponakan di kampung," kata warga yang tinggal di kawasan Taman Pancing, Pemogan, Denpasar Selatan ini.

Program Serambi diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan kecil dan layak edar dengan mudah dan nyaman. *ol4

Program Serambi di Bali:

Lokasi layanan keliling BI:

25 Maret: Pasar Badung

26 Maret: Pantai Kuta

27 Maret: Bandara I Gusti Ngurah Rai

28 Maret: Terminal Mengwi

1-3 April: Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung)

2-4 April: Jembrana

Batasan penukaran uang:

Maksimal Rp 4 juta per orang

Pecahan Rp 50.000: maksimal Rp 1 juta

Pecahan Rp 20.000: maksimal Rp 1 juta

Pecahan Rp 10.000: maksimal Rp 1 juta

Pecahan Rp 5.000: maksimal Rp 500.000

Pecahan Rp 2.000: maksimal Rp 400.000

Pecahan Rp 1.000: maksimal Rp 100.000


Komentar