nusabali

Polres Gianyar Sasar Duktang di Kendran

Cipkon Agung 2024, Polsek Klungkung Atensi Kawasan Pertokoan

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-sasar-duktang-di-kendran

Kapolsek Klungkung, Kompol I Gusti Putu Dharmanatha mengatakan dalam pelaksanaan patroli mengutamakan pencegahan 3C (Curat, Curas dan Curanmor

GIANYAR, NusaBali
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polres Gianyar gelar Operasi Cipkon (Cipta Kondisi) Agung 2024. Melibatkan Satpol PP dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gianyar, Polres menyasar penduduk pendatang (duktang) di kos-kosan Jalan Raya Kendran, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Jumat (22/3) malam. Sementara, Polsek Kota Klungkung melakukan atensi dengan giatkan patroli malam di kawasan pertokoan sebagai upaya Cipkon Agung 2024.

Informasi yang dihimpun NusaBali dalam operasi Jumat malam, petugas Polres Gianyar gencar melakukan penertiban duktang sebagai upaya dan atensi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Gumi Seni tersebut. Kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk memberikan edukasi kepada warga, baik yang belum memiliki e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) ataupun warga yang kehilangan identitas kependudukan untuk segera melakukan perekaman ulang.

Kasubsatgas Binluh Ops Cipkon Agung 2024 Polres Gianyar, AKP I Wayan Antariksawan mengatakan, sidak duktang ini mendukung Dinas Dukcapil melakukan penertiban penduduk non-permanen serta memberikan solusi bagi yang belum memiliki identitas lengkap. Pihaknya tidak memulangkan atau memberikan denda bagi penduduk tersebut, melainkan memberikan pelayanan kependudukan. “Kami dari Polri dan Satpol PP Kabupaten Gianyar  bersinergi mendukung Disdukcapil, sebagai langkah untuk menertibkan penduduk non-permanen,” tegas AKP Antariksawan di sela-sela sidak duktang.

Foto: Patroli Polsek Klungkung di wilayah Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Jumat, (22/3) malam. -IST

Lebih lanjut, AKP Antariksawan menyampaikan imbauan kepada warga para pendatang untuk turut serta menjaga situasi Kamtibmas agar kondusif menjelang Hari Raya Lebaran ini. "Kami minta agar pendatang selalu menghormati kearifan lokal di mana mereka tinggal saat ini, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara penduduk pendatang dengan warga lokal,” ujar AKP Antariksawan.

Sementara Polsek Klungkung melaksanakan patroli malam hari guna menekan angka gangguan Kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat,red) di wilayah Kecamatan Klungkung, Jumat malam. Patroli cipta kondisi dilaksanakan dalam rangka Operasi Cipkon Agung 2024  dengan tujuan untuk menjaga situasi aman jelang Hari Raya Idul Fitri, mengurangi niat masyarakat yang akan melakukan tindakan yang melanggar Undang-undang. Tempat yang menjadi sasaran pada Patroli Cipta Kondisi tersebut di antaranya Kompleks Pertokoan Jalan Diponegoro, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung. 

Kapolsek Klungkung, Kompol I Gusti Putu Dharmanatha mengatakan dalam pelaksanaan patroli mengutamakan pencegahan 3C (Curat, Curas dan Curanmor). “Kegiatan patroli cipta kondisi ini bertujuan untuk menjaga situasi di wilayah Kecamatan Klungkung supaya aman dan kondusif," ujar Kompol Dharmanatha. nvi,wan

Komentar