nusabali

Arus Milir, Kelurahan Peguyangan Mulai Lakukan Pendataan Penduduk

  • www.nusabali.com-arus-milir-kelurahan-peguyangan-mulai-lakukan-pendataan-penduduk

DENPASAR, NusaBali - Petugas dari Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara mulai melaksanakan pendataan penduduk pendatang (duktang), Senin (15/4) malam, di wilayah Banjar Prajasari. Pendataan ini dilakukan pasca arus milir atau arus balik yang kemungkinan banyak warga luar Bali kembali ke Kota Denpasar.

Kegiatan ini melibatkan aparat Polsek Denpasar Utara, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pecalang, linmas, dan kepala lingkungan. Petugas kelurahan juga menyambangi kediaman penduduk yang tengah mudik di Banjar Prajasari. Hal ini untuk memastikan situasi keamanan lingkungan setempat selama warga mudik. 

Dalam suasana kondusif, para petugas bergerak aktif melakukan pendataan dan memberikan informasi terkait prosedur administrasi kepada penduduk yang tengah berada di wilayah tersebut.

Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana mengatakan kegiatan ini digelar untuk memastikan data penduduk di wilayahnya tercatat dengan baik dan akurat.

“Dengan adanya pendataan ini, kami berharap dapat meningkatkan pelayanan publik serta memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan kami,” ujar Arcana.

Arcana mengemukakan, saat ini masih dalam suasana arus balik. Dengan situasi tersebut kemungkinan ada warga dari luar Bali yang kembali dan belum menyampaikan ke kepala lingkungannya. Bahkan, berkaca pada tahun sebelumnya, banyak juga warga yang datang mengajak sanak saudaranya untuk bekerja di Kota Denpasar. Hal itu perlu perhatian khusus untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan. 

“Mereka wajib melapor, tetapi seperti tahun lalu ada yang mengajak saudaranya setelah mudik lebaran. Ini yang kami antisipasi agar tidak kecolongan dan terjadi hal yang tidak diinginkan,” ucap Arcana. 7 mis

Komentar