nusabali

Petugas Avsec Adu Mulut dengan Oknum Driver

  • www.nusabali.com-petugas-avsec-adu-mulut-dengan-oknum-driver

MANGUPURA, NusaBali - Sebuah video memperlihatkan perdebatan antara petugas keamanan penerbangan atau lebih dikenal sebagai petugas Aviation Security (Avsec) dengan oknum driver viral di media sosial (medsos).

Kejadian pada Selasa (19/3) sekitar pukul 15.15 Wita di area lorong kedatangan domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta. Video tersebut diunggah oleh pengguna Facebook dengan durasi sekitar dua menit.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan tak menyangkal video yang beredar itu berlokasi di kawasan Bandara Ngurah Rai. Dari informasi yang diperoleh, kata dia, saat itu petugas Avsec sedang menjalankan tugasnya menertibkan pengemudi kendaraan tidak berizin yang tengah menawarkan jasa transportasi kepada penumpang. Penertiban pun dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban di lingkungan bandara.

“Saat mulai terlihat ada indikasi penolakan dari pengemudi tersebut, kami berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Bandara untuk kemudian mengamankan pengemudi dan petugas Avsec guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Handy saat dikonfirmasi pada Rabu (20/3) siang.

Handy pun memastikan kejadian itu tidak mengganggu operasional penerbangan di bandara. Semua tetap berjalan normal.

Di samping itu, lanjut Handy, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 81 Tahun 2021 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandar Udara pada Pasal 43 peraturan Menteri Perhubungan Nomor 81 Tahun 2021, menyatakan setiap orang perseorangan warga negara Indonesia dan/atau Badan Hukum Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41 ayat (1), melaksanakan kegiatan pelayanan jasa terkait Bandar Udara berdasarkan Perjanjian Bisnis dengan Penyelenggara Bandar Udara. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandara untuk selalu menggunakan layanan transportasi resmi yang tersedia di konter land transport, baik di area kedatangan domestik maupun internasional.

“Kami mengimbau kepada pengguna jasa untuk selalu menggunakan layanan transportasi resmi bandara yang tersedia untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama,” imbau Handy. 7 ol3

Komentar