nusabali

Bandara Ngurah Rai Diserbu 125 Ribu Penumpang Domestik pada Periode Libur lebaran

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-diserbu-125-ribu-penumpang-domestik-pada-periode-libur-lebaran

MANGUPURA, NusaBali.com - Arus penumpang pesawat ke Bali pada periode Lebaran, 3-10 April 2024, menunjukkan geliat penumpang domestik yang tinggi. Dalam delapan hari, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, mencatat kedatangan 125.087 penumpang domestik ke Pulau Dewata.

"Jumlah ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk berlibur di Bali pada momen Lebaran tahun ini," kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Kamis (11/4).

Meskipun terkesan tinggi, angka ini masih di bawah prediksi dan realisasi Lebaran 2023. "Jika dibandingkan tahun lalu, realisasi tahun ini 5 persen di bawah. Pada Lebaran 2023, tercatat 131.781 penumpang datang ke Bali," ujar Handy.

Secara keseluruhan, pergerakan penumpang di Bandara Ngurah Rai, keberangkatan dan kedatangan,  periode posko Lebaran 2024 mengalami kenaikan 1,36 persen dibandingkan 2023.

Jika dilihat lebih jauh, pergerakan penumpang domestik keluar masuk Bali paling terasa pada Minggu (7/4) lalu atau H-3 Lebaran dengan 33.215 penumpang, namun untuk keseluruhan dengan penumpang internasional maka puncaknya pada Sabtu (6/4) dengan total 72.402 penumpang.

Untuk rutenya, kedatangan dan keberangkatan domestik tak jauh berbeda yaitu didominasi Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, disusul Surabaya, dan Makassar.

Selain itu, Bandara Ngurah Rai menerima 90 penerbangan ekstra dari maskapai domestik selama arus mudik. "Penerbangan ekstra ini membantu mengangkut penumpang yang melonjak," kata Handy. *ant

Komentar