nusabali

Kriket Kirim Atlet Terbanyak ke PON

  • www.nusabali.com-kriket-kirim-atlet-terbanyak-ke-pon

DENPASAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mencatat dari total 547 atlet yang akan berangkat ke Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) XXI/2024 mendatang, atlet terbanyak dari cabang olahraga Kriket yakni 28 orang. Sementara untuk kategori jumlah nomor yang paling banyak dipertandingkan dari cabor renang mencapai 38.

Ketua KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan menerangkan dari data yang dimiliki bahwa total cabang olahraga yang mewakili Bali pada ajang bergengsi yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara itu sebanyak 49 cabor dengan total 547 atlet dan 379 nomor yang dipertandingkan. "Untuk total atlet itu memang 547 orang. Tapi, ada yang turun pada nomor yang berbeda pada cabornya nanti. Sehingga, data semula 563 itu yang semuanya dinyatakan lolos PON," terangnya, Selasa (19/3)

Dirincikan Oka Darmawan, dari keseluruhan cabor yang lolos itu, Persatuan Criket Indonesia (PCI) Bali yang paling banyak mengirimkan atlet dengan total 28 orang. Pada posisi kedua yakni Basket (5x5), Bola Tangan dan Kabaddi masing-masing 24 atlet. Kemudian untuk posisi ketiga yakni Rugby 20 orang. "Selain itu, untuk Barongsai itu ada 19 orang, judo 18 orang, kempo dan selam 17 dan E-sport dan Woodball 16. Sisanya itu bervariasi, 1 - 15 atlet," rinci mantan Kadispora Badung ini.

Masih menurut Oka Darmawan, terkait cabang olahraga yang nomor pertandingan terbanyak pada ajang bergengsi itu berasal dari cabor renang yang mencapai 38 nomor. Namun, untuk atlet yang lolos dari Bali hanya ada 6 orang. Selain itu, ada juga cabor Selam dengan jumlah 21 nomor dengan atlet yang lolos 17 orang. Pada posisi ketiga yakni judo dengan jumlah 17 nomor dengan jumlah 18 orang yang lolos. "Kemudian ada juga cabor dengan nomor yang dipertandingkan 10 an nomor ke atas masing Atletik, Paramotor, Taekwondo, Tinju dan Dansa (12), Karate dan Menembak (14), Kempo dan Pencak Silat (11), Kriket dan Tarung Derajat (10) dan Wushu (15). Sementara sisanya di bawah 10," rincinya lagi.

Dia berharap dengan adanya ratusan atlet yang akan dikirim ke ajang bergengsi itu bisa meraih hasil positif dan mengharumkan nama Bali. Apalagi, target dari KONI Bali sendiri bisa menyambet 45 emas pada PON kali ini. "Dengan adanya target itu, diharapkan para pengurus cabor bisa mengasah kemampuan atletnya sebelum dikirim ke ajang itu nanti. Saya optimis, seluruh atlet yang telah lolos PON ini bisa terakomodir dan dikirim semuanya," Harap Oka Darmawan. 7 dar

Komentar