nusabali

Pemudik Naik Pesawat Bakal Capai 4,4 Juta Orang

  • www.nusabali.com-pemudik-naik-pesawat-bakal-capai-44-juta-orang

Salah satu tujuan favorit dari bandara Soekarno Hatta ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik menggunakan angkutan udara bakal mencapai 4,4 juta orang atau rata-rata penumpang harian sebanyak 275.416 orang pada mudik Lebaran 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni mengatakan, jumlah tersebut meningkat 12 persen dari mudik Lebaran 2023 dan meningkat 1 persen dari sebelum Covid-19 pada 2019.

"Kondisi ini menunjukkan tren pemulihan demand yang positif di rute domestik maupun internasional melalui penambahan kapasitas tempat duduk, serta reaktivasi rute maupun penambahan rute baru," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, seperti dilansir kompas.com, Minggu (18/3).

Dia merincikan, dari total pemudik itu sebanyak 3,6 juta orang merupakan penumpang penerbangan domestik dengan rata-rata harian 224.650 orang.

Angka pemudik penerbangan domestik ini meningkat 9 persen dibandingkan mudik Lebaran 2023 dan meningkat 1 persen dibandingkan 2019.

Sementara jumlah penumpang internasional pada periode mudik Lebaran 2024 sebanyak 812.241 dengan rata-rata harian 50.765 orang. Jumlah penumpang internasional ini naik 26 persen dibandingkan 2023 atau naik 2 persen bila dibandingkan dengan 2019.

Dia mengungkapkan, untuk melayani para pemudik selama periode mudik Lebaran 20214, maskapai-maskapai dalam negeri telah menyiapkan sebanyak 420 unit pesawat.

Rinciannya, Garuda Indonesia menyiapkan 57 unit, Batik Air menyiapkan 59 unit, NAM Air menyiapkan 3 unit, Lion Air menyiapkan 85 unit, dan Susi Air menyiapkan 31 unit.

Kemudian, Trigana Air menyiapkan 5 unit, Citilink menyiapkan 45 unit, Air Asia menyiapkan 16 unit, Super Air Jet menyiapkan 46 unit, Pelita Air menyiapkan 10 unit, Sriwijaya Air menyiapkan 3 unit, Wings Air menyiapkan 45 unit, dan Trans Nusa menyiapkan 5 unit.

"Ketersediaan pesawat ini tentu sangat mencukupi ya karena memang hitungan kami kita hanya memerlukan pesawat aktivasi semua rute ini 320-an. Jadi masih ada kelebihan pesawat," ucapnya.

Dia menambahkan, pada mudik Lebaran 2024 ini terdapat reaktivasi rute penerbangan yang sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19 dan ada penambahan rute baru. Sejumlah maskapai juga telah mengajukan permintaan penambahan jadwal penerbangan ke Kemenhub selama periode mudik Lebaran 2024.

"Sampai sekarang ada beberapa yang sudah minta extra flight namun tidak banyak. Hanya airlines LCC yang minta Citilink, AirAsia, dan Scoot untuk internasional," kata dia.

Sementara itu, dia mengungkapkan beberapa rute penerbangan favorit selama periode ini yang dibagi menjadi rute domestik dan internasional.

"Untuk rute-rute favorit seperti biasanya seperti tahun lalu memang dari domestik ini masih tertinggi Kualanamu, Surabaya, Makassar. Kemudian untuk rute internasional memang masih CGK-Singapur maupun Denpasar-Singapura, Kuala Lumpur, Perth, dan Jeddah untuk umrah," tuturnya. 7

Top 10 rute penerbangan domestik :
1.Bandara Soehat ke Bandara Bali
2.Bandara Soehat ke Bandara Kualanamu
3.Bandara Soehat ke Bandara Juanda Surabaya
4.Bandara Soehat ke Bandara di Makassar
5.Bandara Soehat ke Bandara Minangkabau
6.Bandara Soehat ke Bandara Palembang.
7.Bandara Soehat ke Bandara Pontianak.
8.Bandara Bali ke Bandara Juanda Surabaya
9.Bandara Soehat ke Bandara Jogyakarta
10.Bandara Hang Nadim ke Bandara Soehat.

Komentar