nusabali

Perempatfinal UCL Tanpa Klub Italia

Jadon Sancho Bawa Dortmund Susul Bayern Muenchen

  • www.nusabali.com-perempatfinal-ucl-tanpa-klub-italia

MADRID, NusaBali - Tidak ada klub Serie A Liga Italia yang lolos perempatfinal UEFA Chsmpions League (UCL) atau akrab disebut Liga Champions. Satu-satunya tim Italia, Inter Milan, yang juga finalis musim lalu, disingkirkan klub Spanyol, Atletico Madrid. Inter menyusul Napoli, yang juga tersingkir.

Ya, Atletico bersama Borussia Dortmund menjadi dua tim terakhir yang lolos perempatfinal atau babak delapan besar. Keduanya menyusul enam tim lain yang lebih dulu lolos, yaitu Bayern Muenchen, Paris Saint-Germain (PSG), Real Madrid, Manchester City, Arsenal, dan Barcelona.

Atletico Madrid menang 2-1 saat menjamu Inter Milan. Skor agregat menjadi 2-2, sehingga laga berlanjut ke babak tambahan waktu. Setelah tidak ada gol tambahan, tiket perempatfinal ditentukan lewat adu penalti. 

Atletico Madrid pun akhirnya menang 3-2 setelah tiga penendang Inter  yaitu Alexis Sanchez, Davy Klaassen, dan Lautaro Martinez, gagal mengekseskusi bola 12 pas. Sedangkan satu pemain Atletico gagal, yakni Saul Niguez.

Dalam laga lainnya, Dortmund merebut tiket ke perempatfinal setelah menang 2-0 saat menjamu PSV Eindhoven. Mereka lolos dengan kemenangan agregat 3-1. Dua gol Dortmund di leg kedua dicetak pemain Jadon Sancho di awal laga dan Marco pada masa injury time.

Sancho pun bersyukur menjadi pahlawan kemenangan Dortmund untuk lolos ke perempatfinal Liga Champions. Sancho yang dipinjamkan dari Manchester United (MU) juga berterima kasih kepada Dortmund yang memberinya kepercayaan sehingga dapat mencetak gol pada menit ketiga dan menjadi gol pertamanya di hadapan 82.000 penonton tuan rumah Dortmund sejak Mei 2021.

Sancho (23) mengalami masa-masa sulit di MU karena berselisih dengan pelatih Erik ten Hag. Dia juga terpaksa berlatih secara terpisah dari tim utama. Sancho hanya main tiga kali di Liga Inggris sebelum Dortmund meminjamnya selama enam bulan mulai Januari 2024.

Pelatih Dortmund Edin Terzic mengatakan, Sancho telah menjawab keraguan pendukung Dortmund terkait kemampuannya dalam mencetak gol. Sancho terlihat memegangi pahanya sebelum digantikan Marco Reus saat laga tersisa 15 menit. 

Pengundian perempatfinal Liga Champions dijadwalkan di Nyon, Swiss, Jumat (15/3), pukul 19.00 WITA. Kali ini drawing perempatfinal UCL tidak lagi dibatasi aturan-aturan seperti drawing 16 besar tahun lalu. Artinya, tim-tim dari negara yang sama mungkin bertemu, juga tim-tim dari grup yang sama. ant

Delapan Perempafinalis UCL
1. Bayern Muenchen (Jerman)
2. Paris Saint-Germain (Prancis)
3. Real Madrid (Spanyol)
4. Manchester City (Inggris)
5. Arsenal (Inggris)
6. Barcelona (Spanyol)
7. Borussia Dortmund (Jerman)
8. Atletico Madrid (Spanyol)

Komentar