nusabali

STY Tak Jamin Timnas Kalahkan Vietnam Dua Kali

Sumpah WNI Thom Haye dan Ragnar Oratmangun Dilakukan Pekan Depan

  • www.nusabali.com-sty-tak-jamin-timnas-kalahkan-vietnam-dua-kali

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tidak dapat memberikan kepastian atau jaminan timnya mampu mengalahkan Timnas Vietnam dua kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ya, Indonesia akan dua kali melawan Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada 21 dan 26 Maret 2024. Indonesia lebih dulu jadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, sebelum tandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

STY pun menetapkan daftar pemain Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu memanggil 28 pemain, termasuk dua personil keturunan yang belum memegang paspor Indonesia, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Dari 28 pemain itu, 13 di antaranya bermain di luar negeri, dengan sembilan nama berkarier di Eropa seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Rafael Struick, Elkan Baggott, Jay Idzes, Elkan Baggott, hingga Nathan Tjoe-A-On.

"Saya optimistis kami akan mempunyai persiapan yang baik untuk pemain. Target saya untuk memiliki persiapan dengan sebaik mungkin untuk menghadapi dua partai ke depan," ujar Shin Tae-yong dalam video yang diunggah Ketua PSSI, Erick Thohir, di akun Instagramnya, @erickthohir, Kamis (14/3).

"Saya tidak bisa menjamin 100 persen Timnas Indonesia bisa memenangkan dua pertandingan melawan Vietnam," kata pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

"Melihat dari jarak perjalanan pemain karena kami mempunyai pemain yang bermain di Eropa mereka akan terbang ke sini. Itu perjalanan yang sangat panjang," kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan pengambilan sumpah WNI untuk dua calon pemain Indonesia Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang semula dijadwalkan pada 12 Maret atau 13 Maret diundur pada pekan depan.

Erick memaparkan dokumen proses naturalisasi keduanya saat ini sudah ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani dan kini masuk ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk pengambilan sumpah WNI naturalisasi.

“Semoga satu dua hari ini bapak Presiden bisa mengeluarkan suratnya. Dan minggu depan diangkat sumpah untuk Thom dan Ragnar,” kata Erick Thohir, saat Penandatanganan Kerja Sama Official Insurance Partner Timnas Sepak Bola Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (14/3).

Dengan ini, Thom dan Ragnar akan melewatkan laga melawan Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua pada 21 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kedua pemain itu kemungkinan baru dapat membela Indonesia pada laga kedua melawan Vietnam pada 26 Maret di Stadion My Dinh, Hanoi. ant

28 Pemain Indonesia Kontra Vietnam 
Kiper:
1. Nadeo Argawinata (Borneo FC); 2. Adi Satryo (PSIS Semarang); 3. Muhammad Riyandi (Barito Putera).
Belakang :
4. Elkan Baggott (Bristol Rovers, Inggris); 5. Jay Idzes (Venezia, Italia); 6. Justin Hubner (Wolverhampton W, Inggris); 7. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen, Belanda); 8. Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia); 9. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia); 10. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand); 11. Pratama Arhan (Suwon FC, Korsel);  12. Wahyu Prasetyo (PSIS); 13. Rizky Ridho (Persija); 14. Edo Febriansyah (Persib)
Gelandang :
15. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda); 16. Marc Klok (Persib); 17. Yance Sayuri (PSM); 18. Yakob Sayuri (PSM); 19. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia); 20. Ricky Kambuaya (Dewa United) 21. Thom Haye (SC Heerenveen, Belanda); 22. Witan Sulaeman (Bhayangkara FC); 23. Egy Maulana Vikri (Dewa United)
Penyerang :
24. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda); 25. Dimas Drajad (Persikabo 1973); 26. Ramadhan Sananta (Persis); 27. Hokky Caraka (PSS); 28. Ragnar Oratmangoen (Fortuna S, Belanda)

Komentar