nusabali

Walikota Jaya Negara Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Dalem Sakenan

Ajak Masyarakat Jaga Keheningan Perayaan Nyepi Caka 1946

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-ngaturang-bhakti-pujawali-di-pura-dalem-sakenan

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar melaksanakan bhakti pujawali (sembahyang bersama,red) di Pura Dalem Sakenan, Desa Adat Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (9/3).

Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana. Hadir juga Panglingsir Puri Kesiman Anak Agung Ngurah Gede Kusuma Wardana, Ketua GOW Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, bersama pimpinan OPD, serta masyarakat dan pamedek yang datang silih berganti sejak pagi hari untuk melaksanakan persembahyangan dalam pujawali yang bertepatan dengan Rahina Suci Kuningan tersebut.

Pangenter Pujawali, Ida Bagus Gede Pidada mengungkapkan pelaksanaan pujawali di Pura Dalem Sakenan berlangsung seperti biasa yang tetap memegang pada tatwa. Namun pada pujawali kali ini berlangsung satu hari saja dan tidak 'Ngelungayang Prasanak' Pura Dalem Sakenan.

Hal ini berkaitan dengan rangkaian pelaksanaan Tawur Kasanga, Hari suci Nyepi Caka 1946. “Pelaksanaan pujawali berjalan seperti biasa, namun karena bertepatan dengan rangkaian Tawur Kasanga, Ida Bhatara hanya nyejer satu hari saja dan tidak ngerauhin prasanak,” ujar Gus Pidada.

Lebih lanjut dijelaskan, pada Redite Umanis Kuningan, Minggu (10/3) hari ini bertepatan dengan Tilem Kasanga (pelaksanaan Tawur Agung Kasanga) Ida Batara Pura Dalem Sakenan kahatur ngalukar pada pagi harinya.

“Masyarakat pamedek telah hadir melakukan persembahyangan pada Hari Suci Kuningan, seperti yang kita lihat hari ini  (kemarin,red) masyarakat sejak pagi telah hadir melaksanakan persembahyangan,” ujar Gus Pidada.  

Sementara Walikota Denpasar Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar Arya Wibawa usai persembahyangan berharap piodalan di Pura Dalem Sakenan dapat berlangsung dengan lancar dan penuh keberkahan.

Di samping itu pelaksanaan bhakti pujawali ini dilaksanakan sebagai wujud sradha bhakti umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk menciptakan kerahayuan jagat. Pelaksanaan bhakti pujawali Pura Sakenan kali ini juga bertepatan dengan rangkaian Hari Suci Nyepi, dan berharap seluruh masyarakat Denpasar dapat melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan aman dan damai. “Kami mengimbau masyarakat dapat melaksanakan Catur Brata penyepian dengan khusyuk dan Kota Denpasar tetap aman dan damai,” ujar politisi senior PDIP ini.

Usai melaksanakan bhakti pujawali di Pura Dalem Sakenan, Walikota Jaya Negara juga melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Susunan Wadon yang berlokasi di Kawasan Desa Adat Serangan@mis

Komentar