nusabali

Lawan Vietnam, STY Panggil Nathan, Idzes, Thom, dan Ragnar

PSSI Sebut Naturalisasi Program Jangka Pendek dan Tak Matikan Pemain Lokal

  • www.nusabali.com-lawan-vietnam-sty-panggil-nathan-idzes-thom-dan-ragnar

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) memanggil empat nama baru untuk memperkuat Indonesia dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Dalam laga tersebut Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 21 Maret dan di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret.

Sedangkan keempat nama baru itu terdiri dari satu pemain yang baru dinaturalisasi, yaitu bek Venezia Jay Idzes. Sedangkan tiga nama lainnya adalah calon pemain naturalisasi, yaitu Thom Haye (Heerenveen), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), dan Nathan Tjoe Aon (Heerenveen). 

Keempat pemain itu masuk dalam 28 skuad Indonesia yang dibawa STY bersama para pemain lain yang mayoritas penggawa Merah Putih yang mencetak sejarah di Piala Asia 2023 Qatar seperti Rafael Struick (ADO Den Haag), Ivar Jenner (JONG FC Utrecht), Elkan Baggot (Bristol Rovers), hingga Asnawi Mangkualam (Port FC).

Selain Idzes, Thom, Ragnar, dan Nathan, pada pemanggilan ini pelatih asal Korea Selatan itu memanggil kembali Muhammad Ady Satryo (PSIS Semarang) untuk menggantikan Ernando Ari yang cedera dan juga memanggil kembali Yance Sayuri (PSM Makassar). Selain itu, STY juga tidak memanggil Adam Alis, Shayne Pattynama, dan Dendy Sulistyawan.

Skuad Garuda wajib menang  atas Vietnam untuk menghidupkan asa dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia sementara jadi juru kunci Grup F dengan satu poin hasil dari sekali imbang dan sekali kalah. 

Sementara itu, terkait tiga pemain yang akan dinaturalisasi, PSSI menjadwalkan sumpah WNI Thom, Ragnar, dan Maarten pada 12 Maret ini. Ketiganya dijadwalkan datang ke Indonesia pada 11 Maret, lalu sehari berikutnya mengambil sumpah WNI.

"Mereka ini untuk bisa datang ke sini, karena kalau disumpah fisik hadir itu tidak gampang dan tidak mudah. Mereka sudah merencanakan 11 Maret datang dan disumpah pada 12 Maret," kata Wakil Ketua Umum PSSI I Zainudin Amali, dalam rapat kerja Komisi X DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Sedangkan pada 12 Maret diketahui menjadi hari libur nasional karena bertepatan dengan cuti bersama hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Dalam hal ini, PSSI telah berkomunikasi dengan instansi terkait untuk tetap membuka kantornya demi mewujudkan sumpah WNI tiga calon pemain naturalisasi tersebut.

Dengan rencana pengambilan sumpah itu, Amali berharap ketiga pemain tersebut dapat langsung berpartisipasi memperkuat timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua saat dua kali melawan Vietnam pada 21 Maret (kandang) dan 26 Maret (tandang).

Lebih lanjut, pada akhir rapat kerja, Komisi X membacakan kesimpulan rapat bahwa mereka menyetujui proses naturalisasi Thom, Ragnar, dan Maarten.

Lebih jauh Zainudin Amali mengatakan, naturalisasi pemain ini adalahprogram jangka pendek PSSI. Sedangkan jangka panjang, kata Amali, tetap harus berharap pada pembinaan sendiri. 

Program pembinaan jangka panjang dimaksud Amali, yakni pembinaan usia muda berjenjang U-13, U-15, dan U-17 yang dikelola oleh Asosiasi Provinsi (Asprov), Asosisasi Kabupaten (Askab), dan Asosiasi Kota (Askot). Selain itu, ada juga program pembinaan usia muda yang ditangani klub-klub, mulai rentang U-16, U-18, dan U-20 yang bermain di Elite Pro Academy (EPA).  

Amali juga menegaskan tujuan menaturalisasi pemain bukan untuk menyingkirkan pemain lokal. Menurutnya, dengan tambahan pemain naturalisasi, akan membuat timnas Indonesia memiliki kualitas pemain yang sama baiknya, dan juga memotivasi para pemain lokal semakin bekerja keras meningkatkan kemampuan agar mamp menembus skuad utama timnas.

Dengan kualitas pemain yang sama baiknya ini, kata Amali, pelatih timnas juga akan makin mudah memilih pemain untuk turnamen-turnamen bergengsi, baik yang ada dalam kalender atau di luar kalender FIFA. ant

Daftar 28 Pemain Lawan Vietnam 
Kiper
1. Nadeo Argawinata (Borneo FC)
2. Adi Satryo (PSIS Semarang)
3. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

Pertahanan 
4. Elkan Baggott (Bristol Rovers, Inggris)
5. Jay Idzes (Venezia, Italia)
6. Justin Hubner (Wolverhampton, Inggris)
7. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen, Belanda)
8. Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia)
9. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)
10. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)
11. Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)
12. Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang)
13. Rizky Ridho (Persija Jakarta)
14. Edo Febriansyah (Persib Bandung)

Gelandang
15. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)
16. Marc Klok (Persib Bandung)
17. Yance Sayuri (PSM Makassar)
18. Yakob Sayuri (PSM Makassar)
19. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia)
20. Ricky Kambuaya (Dewa United)
21. Thom Haye (SC Heerenveen, Belanda)
22. Witan Sulaeman (Bhayangkara FC)
23. Egy Maulana Vikri (Dewa United)

Penyerang
24. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)
25. Dimas Drajad (Persikabo 1973)
26. Ramadhan Sananta (Persis Solo)
27. Hokky Caraka (PSS Sleman)
28. Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard, Belanda)

Komentar