nusabali

13 Ogoh-ogoh Mini dan Sketsa Ogoh-ogoh Semarakkan Masikian Fest

  • www.nusabali.com-13-ogoh-ogoh-mini-dan-sketsa-ogoh-ogoh-semarakkan-masikian-fest

NEGARA, NusaBali - Gelaran Masikian Festival (Masikian Fest) di Gedung Dr Ir Soekarno, Jembrana, resmi dibuka Rabu (6/3). Selain melombakan 15 Ogoh-ogoh terbaik se-Jembrana, acara festival ini juga disemarakkan Lomba Ogoh-ogoh mini serta Lomba Sketsa Ogoh-ogoh.

Sesuai data yang diterima NusaBali, ada 13 Ogoh-ogoh mini dan 14 sketsa Ogoh-ogoh dipamerkan dalam Masikian Fest ini. Untuk penilaian Lomba Ogoh-ogoh besar, Ogoh-ogoh mini, dan sketsa Ogoh-ogoh itu pun digelar pada Rabu kemarin. Antusiame masyarakat pun tampak sangat luar biasa dalam menyambut gelaran Masikian Fest yang pertama kali digelar dalam rangakaian menyambut Hari Suci Nyepi ini. 

Terkait hasil penilaian sejumlah perlombaan ogoh-ogoh itu, akan diumumkan pada acara penutupan pada Kamis (7/3). Selain pengumuman dan penyerahan hadiah lomba, saat acara penutupan hari ini juga akan diisi hiburan musik dengan menampilkan sejumlah grup band lokal dan menghadirkan bintang tamu Bagus Wirata.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat pembukaan Masikian Fest I, Rabu kemarin, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.  Dirinya pun menilai acara yang digarap Pasikian Yowana Jembrana ini bakal memberikan dampak positif kedepannya. Terutama pada kesenian Ogoh-ogoh.


"Saya sebagai Bupati sangat bangga melihat kreativitas Yowana Jembrana hari ini. Anak- anak muda Jembrana mulai positif, bangkit dan sudah mulai menunjukkan identitasnya. Bahwa anak muda itu mempunyai masa depan yang bagus,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba pun menegaskan pada tahun berikutnya akan menaikkan subsidi pembuatan ogoh-ogoh sebagai bentuk mendukung kreativitas seni para Seka Teruna Teruni (STT) di Jembrana. Dirinya pun meminta anak-anak muda Jembrana agar lebih menyiapkan diri dengan belajar lebih tekun serta menciptakan ide kreatif  guna menyongsong Jembrana Emas 2026 mendatang.

"Kita sekarang harus satu tujuan untuk konsep menuju Jembrana Emas. Kita butuh anak-anak muda yang luar biasa, anak muda yang bertalenta, anak muda yang punya kepribadian, anak muda yang semangat," ujar Bupati Jembrana asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. 

Ketua Panitia Yowana Festival Jembrana I Kadek Dika Agustian mengatakan, kegiatan Masikian Fest ini bertujuan menjaga seni dan budaya Bali. Termasuk mendorong kreativitas generasi muda Jembrana. "Kami mengajak para Yowana sebagai tombak memajukan kreasi, sebagai garda terdepan untuk menjaga adat dan tradisi budaya Bali," ujarnya.

Dika Agustian pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana atas perhatian dan kepeduliannya terhadap pemuda di Jembrana. Dirinya pun berharap Masikian Fest ini bisa menjadi salah satu agenda rutin tiap menjelang Nyepi di Jembrana. "Ya ini baru pertamakali kita adakan. Astungkara nanti bisa rutin setiap tahun," ucapnya.7ode

Komentar