nusabali

200 UMK di Bangli Terima Sertifikat Halal

  • www.nusabali.com-200-umk-di-bangli-terima-sertifikat-halal

BANGLI, NusaBali - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangli telah menjalin sinergi dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Kerja sama ini untuk mempermudah pelaku usaha mikro dan menengah (UMK) untuk pengurus sertifikasi halal.

200 UMK daerah wisata di Bangli telah mendapatkan sertifikat halal secara gratis. Penyerahan sertifikat halal dilakukan di Wantilan Selatan, Desa Penglipuran, Bangli pada Selasa (5/3). Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati di sela-sela penyerahan serifikat halal tersebut,  menyampaikan apresiasi atas kepedulian pemerintah daerah di Bali, khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bangli, terhadap pelaku UMK. 

Kata dia, sertifikasi halal merupakan bentuk kepatuhan pelaku usaha terhadap regulasi. Seperti diketahui, pemerintah telah memberlakukan wajib halal bagi seluruh produk di Indonesia. "Hal ini menjadi satu keharusan bagi pelaku usaha jika produknya ingin diperdagangkan di Indonesia," ungkapnya.

Dengan sertifikasi halal, lanjut Arintawati, proses produksi sebuah usaha akan lebih sistematis dan mudah ditelusuri. Karena sertifikasi mewajibkan adanya tim manajemen halal sebagai pihak yang bertanggung jawab atas jaminan kehalalan produk. Mulai dari bahan baku, fasilitas produksi, hingga produk sampai ke tangan konsumen. 

Kepala Disperindag Bangli I Wayan Gunawan menyampaikan program ini, tentunya akan dilakukan secara berkelanjutan. Menurut dia, sertifikasi halal tidak sekadar pemenuhan regulasi, sertifikasi halal menjadi upaya untuk memberikan nilai tambah terhadap sebuah produk. "Hal ini pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bangli. Untuk itu, pihaknya kedepan akan terus meningkatkan sinergitas dengan LPPOM MUI untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. Salah satu yang mendapat sertifikat halal yakni Loloh Cemcem Penglipuran.7esa

Komentar