nusabali

15 Ogoh-ogoh Tebaik Dipamerkan di GKBK Jembrana

  • www.nusabali.com-15-ogoh-ogoh-tebaik-dipamerkan-di-gkbk-jembrana

NEGARA, NusaBali - Panitia lomba ogoh-ogoh Kabupaten Jembrana serangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946, telah menjaring tiga ogoh-ogoh terbaik dari tiap kecamatan. Total 15 ogoh-ogoh dari 5 kecamatan se-Kabupaten Jembrana ini mulai dipamerkan dalam acara Masikian Festival Jembrana di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK), Jembrana, Selasa (5/3).

Ogoh-ogoh nominasi tiga terbaik dari masing-masing kecamatan itu, merupakan hasil penjaringan dari lima ogoh-ogoh terbaik tiap kecamatan yang telah dinilai pada Sabtu (2/3). Selanjutnya 15 ogoh-ogoh terbaik dari 5 kecamatan itu, akan kembali bersaing untuk memperebutkan juara lomba tingkat kabupaten. 

Ketua Pasikian Yowana Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana I Putu Feri Priyandana, Selasa kemarin, mengatakan penilaian lomba ogoh-ogoh tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada hari kedua Masikian Festival Jembrana, Rabu (6/3). Selain penilaian 15 ogoh-ogoh terbaik itu, pada hari yang sama juga dilakukan penilaian untuk lomba sketsa ogoh-ogoh dan lomba ogoh-ogoh mini.


“Penilaian akan dilaksanakan oleh tiga orang dewan juri. Tim penilainya ada dua orang seniman ogoh-ogoh dan seorang dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana,” ujar Ketua Pasikian Yowana asal Banjar Tegalasih, Desa Batuagung ini. 

Dalam penilaian lomba ogoh-ogoh tingkat kabupaten kali ini, tidak ada atraksi ataupun parade seperti penilaian lomba tahun sebelumnya. Namun dalam rangkaian penilaian lomba pada Rabu hari ini juga dimeriahkan eksibisi atraksi baleganjur di stage GKBK Jembrana dari sejumlah sekaa teruna (ST) peserta lomba ogoh-ogoh. 

“Ada tiga ST yang sudah menyatakan siap untuk pementasan baleganjur, yakni ST Kembang Sari dari Banjar Adat Banyubiru (Desa Banyubiru, Kecamatan Negara), ST Yowana Dharma Kanti dari Banjar Adat Peh (Desa Kaliakah, Kecamatan Negara), dan ST Widya Dharma dari Banjar Adat Rangdu (Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo),” ucap Feri. 

Masikian Yowana Festival Jembrana akan digelar selama tiga hari hingga Kamis (7/3). Pada puncak acara Kamis besok, akan diadakan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba dan penampilan sejumlah band dan musisi dengan bintang tamu Bagus Wirata. 7 ode

Komentar