nusabali

Lifestyle Photo and Model Competition: Ajang Kembangkan Potensi Modelling Sejak Dini

  • www.nusabali.com-lifestyle-photo-and-model-competition-ajang-kembangkan-potensi-modelling-sejak-dini
  • www.nusabali.com-lifestyle-photo-and-model-competition-ajang-kembangkan-potensi-modelling-sejak-dini

GIANYAR, NusaBali.com - Dunia modeling dan fotografi tak dapat dipisahkan. Keduanya saling mendukung dan menjanjikan. Memahami hal ini, SHSiburian Ogz bersama komunitas fotografer Bali berkolaborasi dengan PT Krisna Hospitality Management menyelenggarakan ‘Lifestyle Photo and Model Competition’.

Kompetisi yang diadakan pada Minggu (14/4/2024), mempertemukan 13 model dan 15 fotografer untuk menghasilkan karya terbaik. Keunikannya terletak pada kategori model yang sebagian besar berasal dari anak-anak.

Simon Halomoan Siburian (33), Ketua Panitia, menjelaskan tujuan kompetisi ini: menumbuhkan potensi modeling sejak usia dini. Walau begitu, peserta di atas 16 tahun juga diperbolehkan dengan usia maksimal 30 tahun.

"Kami ingin mengajarkan anak-anak kemandirian, keberanian, kepercayaan diri, bersikap profesional, dan berkomunikasi dengan fotografer. Target kami anak-anak dan remaja usia 7 hingga 16 tahun," kata Simon.

Sesi sharring peserta kompetisi.

Kompetisi ini menjadi istimewa karena menyediakan spot foto di dua lokasi: Taroo Pady Pool Lounge dan Villa Mama 1 di Mas, Ubud. Kedua tempat ini menawarkan nuansa alam persawahan, swimming pool, garden, dan restoran yang menawan.

Krisna Adi Gani dan Ni Putu Rani Ekayanti, desainer ternama Bali, turut mendukung dengan mendesain busana para model. Sementara Utu Wina dari Wina Makeup dan Beauty Salon membantu make up.

Kategori dan Kriteria Penilaian

Lomba foto model terbagi menjadi tiga kategori: Kebaya Bali, Full Colour, dan Swimwear. Kategori ini dipilih sesuai dengan lokasi pemotretan. “Kategori di atas sengaja dipilih dengan alasan kesesuaian dengan value dari lokasi pemotretan,” jelas Simon. 

Sementara itu, untuk lomba fotografi yang diikuti 9 peserta ini terdiri dari dua kategori yakni pemenang karya terbaik dan like favourite.

Berkenaan dengan kriteria perlombaan, Simon menyebut, khusus untuk pemenang lomba modelling akan ditentukan dari jumlah like terbanyak pada masing-masing foto peserta yang diunggah di media sosial Instagram Taroo Ubud (Taroo Pady Pool Lounge). 

Sementara kriteria lomba fotografi sendiri, disesuaikan dengan kategori perlombaannya, oleh karena itu kriteria yang dipakai terdiri atas dua yakni kategori karya terbaik ditentukan dari penilaian panitia, sedangkan favourite like didasarkan pada jumlah like terbanyak.

“Perhitungan jumlah like ini akan dimulai dari tanggal 15 hingga 22 April mendatang, dimana peserta yang mendapatkan jumlah like terbanyak akan mendapatkan hadiah berupa uang saku dan voucher,” kata Simon. 

Antusiasme Peserta dan Orang Tua

Kompetisi
ini mendapat respons positif dari peserta dan orang tua. Ni Putu
Ariusmawa Dewi (36), orang tua peserta, mengikutsertakan anaknya, Erika, untuk
mengasah kemampuan modeling dan melatih mental tampil di depan umum.

Komentar