nusabali

Nyepi, Poliklinik RSUD Tabanan Tutup 5 Hari

  • www.nusabali.com-nyepi-poliklinik-rsud-tabanan-tutup-5-hari

Pihak RSUD Tabanan menyiagakan sebanyak 3 unit ambulans untuk antisipasi kondisi emergency saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946.

TABANAN, NusaBali
Serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946, layanan poliklinik RSUD Tabanan tutup selama lima hari. Namun untuk layanan unit gawat darurat tetap buka selama 24 jam. Tutupnya layanan poliklinik ini akan dilakukan mulai Jumat (8/3/2024) hingga Selasa (12/3/2024). Layanan poliklinik buka lagi pada Rabu (13/3/2024).

Wakil Direktur RSUD Tabanan I Gusti Ngurah Bagus Juniada, mengatakan penutupan layanan poliklinik memang sudah biasa dilakukan serangkaian Hari Raya Nyepi. “Namun untuk layanan yang bersifat emergency tetap jalan,” ujarnya, Selasa (5/3). 

Disebutkan meskipun layanan poliklinik tutup, pasien berobat bisa maju atau mundur untuk jadwal pemeriksaannya. Misalnya, jadwal pemeriksaan tepat pada Jumat (8/3), maka bisa dimajukan pada Kamis (7/3). Sedangkan apabila jadwal periksa pada Selasa (12/3), misalnya, maka bisa mundur sehari atau mundur dua hari. “Jadi itu sudah diatur oleh dokter masing-masing,” kata dr Bagus.  

Sementara terkait dengan layanan emergency yang buka 24 jam tidak ada tenaga khusus yang disiapkan. Tenaga yang ditugaskan masih sama. Namun apabila ada peningkatan kasus dalam layanan emergency, petugas dan  tenaga-tenaga di ruangan, dan poli yang akan diperbantukan. “Dokter juga selalu stand by. HP tidak boleh mati karena ketika adanya panggilan darurat biar langsung ke rumah sakit,” kata dr Bagus. 

Dia menegaskan, berkaca dari dari tahun ke tahun tidak terlalu banyak kasus. Akan tetapi, ketika memang ada penanganan emergency, maka dokter jaga akan di-calling, misalnya untuk melakukan tindakan operasi darurat. 

“Walaupun hari Nyepi, yang sifatnya emergency tetap akan dilakukan tindakan. Kami siapkan tiga unit ambulans,” tandasnya. 7 des

Komentar