nusabali

Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan Digital

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-buka-pelatihan-digital

BANGLI, NusaBali - Balai Pengembang Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta bekerja sama dengan Pemkab Bangli menyelenggarakan pelatihan Government Transformation Academy (GTA) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pelatihan ini serangkaian pelaksanaan program Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai bagian dari program prioritas pembangunan Nasional. 

Pelatihan ini juga dengan materi Digital Entrepreneurship Academy (DEA) untuk pelaku usaha di Kabupaten Bangli. Pelatihan di gedung BMB Bangli dibuka Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Senin (4/3). 

Hadir pula, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tenaga Kerja Bangli Ni Luh Ketut Wardani, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) I Wayan Gunawan, Kepala Dinas Kominfosan Bangli I Wayan Dirgayusa, Kepala BPSDM Bangli Made Mahindra Putra.

Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Anton Susanto menyampaikan pelatihan DTS bagian dari upaya BPSDMP Kominfo untuk meningkatkan dan meratakan kompetensi keterampilan digital bagi ASN. Pelatihan GTA mengambil tema Analisis Kota Cerdas yang sinkron dengan proses transformasi seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang mewujudkan Kota Smart City di Setiap Wilayah di Indonesia. Pelatihan diikuti 60 peserta untuk GTA dan 80 peserta untuk DEA yang berlangsung selama 4 hari.

Bupati Sedana Arta menyampaikan terima kasih kepada BPSDMP Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada ASN, UMKM dan generasi muda Bangli mendapat kesempatan meningkatkan kemampuan melalui program DTS ini. "Tentu saya sangat berharap dengan program ini bisa membantu peningkatan angka IPM kabupaten Bangli di tahun berikutnya," ungkapnya. Kata dia, digitalisasi merupakan konsekuensi dari kemunculan Internet of Things (IoT), juga merupakan tuntutan reformasi birokrasi.

Bagi UMKM memiliki 4 nilai yaitu memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan pendapatan mempermudah transaksi, mengikuti trend. Dengan demikian melalui program DTS ini saya sangat berharap terjadi peningkatan kualitas sdm birokrasi di Kabupaten Bangli, serta meningkatnya pemasaran produk produk Bangli ke seluruh pelosok dunia. "Kita punya tag line Melompat Lebih Tinggi sebagai penyemangat bagi kita untuk terus bekerja, berusaha, berinovasi lebih dan meningkat setiap harinya, sehingga dimasa yang tidak terlalu jauh Bangli setara atau lebih tinggi dari segi kualitas SDMnya dari Kabupaten/Kota lain di Bali bahkan di Indonesia," sebutnya. 

Bupati Sedana Arta meminta kepada seluruh ASN yang menjadi peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik sesuai rundown yang ada, bagi seluruh UMKM yang ikut pelatihan agar mengikuti kegiatan dengan baik dan manfaatkan pelatihan ini.@7esa

Komentar